SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS DESA UNTUK REKOMENDASI PEMBANGUNAN PAUD NONFORMAL DI KABUPATEN BANYUMAS DENGAN METODE PROMETHEE

Handayani , Hemas Ayu Nurul and Waspada, Indra (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS DESA UNTUK REKOMENDASI PEMBANGUNAN PAUD NONFORMAL DI KABUPATEN BANYUMAS DENGAN METODE PROMETHEE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

532Kb

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal (PAUD Nonformal) merupakan pendidikan yang diselenggarakan untuk anak usia kurang dari 4 tahun. Dalam pelaksanaannya di Kabupaten Banyumas, PAUD Nonformal dimonitor Pemerintah Kabupaten Banyumas dibantu oleh Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purwokerto sebagai salah satu penyelenggara pendidikan nonformal. Pemerintah memiliki program yaitu pemerataan PAUD ke berbagai desa di seluruh Indonesia. Namun, pembangunan PAUD di tahun yang akan datang belum terencana dengan baik. Maka dari itu untuk mendukung program pemerintah dalam pemerataan PAUD, dibuat suatu sistem pendukung keputusan untuk menghasilkan rekomendasi desa pembangunan PAUD Nonformal. Data yang dibutuhkan adalah proyeksi jumlah PAUD Nonformal, jumlah anak usia di bawah 4 tahun, dan jumlah tenaga pendidik sampai tahun 2027 yang dihitung dengan metode Pemulusan Eksponensial Ganda Satu Parameter dari Brown. Sistem ini memanfaatkan metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (Promethee) untuk menghasilkan urutan prioritas. Sistem ini menghasilkan rekomendasi kecamatan dan desa yang ditampilkan dalam bentuk peta. Setelah sistem selesai dikembangkan, dilakukan tiga jenis pengujian yaitu pengujian sistem menggunakan black box, pengujian metode Promethee, dan usability testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem dan algoritma Promethee yang diterapkan pada sistem sudah berjalan dengan semestinya, serta pengguna merasa terbantu dengan adanya sistem yang telah dibangun.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60652
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Feb 2018 14:47
Last Modified:09 Feb 2018 14:47

Repository Staff Only: item control page