APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA PPA DAN BBP-PPA MENGGUNAKAN METODE SMART BERBASIS WEB (Studi Kasus : Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro)

Asykari , Rizki Syafwan and Bahtiar, Nurdin (2017) APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA PPA DAN BBP-PPA MENGGUNAKAN METODE SMART BERBASIS WEB (Studi Kasus : Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

721Kb

Abstract

Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro setiap tahunnya memiliki program beasiswa untuk mahasiswa salah satunya yaitu PPA dan BBP-PPA. Proses seleksi beasiswa yang berlangsung saat ini masih belum memanfaatkan teknologi informasi, sehingga membutuhkan ketelitian dan waktu dalam seleksi sesuai kriteria yang ditentukan. Kriteria penilaian yang digunakan yaitu IPK, jenis piagam, juara, penghasilan orangtua, dan tanggungan orangtua. Untuk mempermudah kinerja dan meminimalisir terjadinya kesalahan seleksi pemilihan penerima beasiswa perlu dikembangkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pemilihan penerima beasiswa tersebut. Tugas akhir ini menghasilkan aplikasi pendukung keputusan penerimaan beasiswa berbasis web dengan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique). SMART merupakan metode untuk mengevaluasi dan menilai hasil dari berbagai kriteria dan faktor sehingga menghasilkan keputusan yang dapat diterima dalam mendukung suatu keputusan. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa dengan hasil penilaian tertinggi dalam proses seleksi. Aplikasi ini dibangun menggunakan model proses waterfall, dengan bahasa pemrograman PHP dan sistem manajemen basis data MySQL. Aplikasi penerimaan beasiswa ini menghasilkan rekomendasi penerima beasiswa PPA dan BBP-PPA, sehingga aplikasi ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam mendukung keputusan pemberian beasiswa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60643
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Feb 2018 14:04
Last Modified:09 Feb 2018 14:04

Repository Staff Only: item control page