PERBANDINGAN KINERJA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) UNTUK PENERIMA BANTUAN RASKIN

Priyana, Mutiara Rizqi and Suhartono, Suhartono (2017) PERBANDINGAN KINERJA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) UNTUK PENERIMA BANTUAN RASKIN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

363Kb

Abstract

Selama ini proses pembagian beras miskin (raskin) dinilai tidak tepat sasaran terhadap warga kurang mampu. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan target dari pemerintah yaitu beras miskin hanya untuk warga kurang mampu. Untuk itu perlu dibangun sistem pendukung keputusan untuk membantu merangking penerima raskin dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode Weighted Product (WP). Kriteria yang digunakan untuk penentuan penerima raskin adalah jumlah anggota keluarga, penghasilan utama, bahan bakar masak, makan perhari, tabungan yang dimiliki, kondisi rumah, pendidikan terakhir kepala keluarga, kemampuan berobat, dan sumber penerangan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan pembagian raskin yang tepat sasaran dan sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Urutan penerima raskin menggunakan metode SAW dan WP menunjukkan kondisi urutan perangkingan yang tidak sama untuk 50 data yang diambil. Berdasarkan hasil komputasi perangkingan penerima raskin ditinjau dari waktu eksekusi program menunjukkan bahwa kecepatan rata-rata kinerja metode WP adalah 1,00750272 detik dan metode SAW adalah 2,08839425 detik. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja metode WP lebih cepat dibandingkan dengan metode SAW dengan selisih kecepatan rata-rata 1,08089153 detik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60633
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:09 Feb 2018 10:25
Last Modified:09 Feb 2018 10:25

Repository Staff Only: item control page