APLIKASI PENENTUAN JURUSAN PADA JENJANG MADRASAH ALIYAH DENGAN METODE NAIVE BAYESIAN CLASSIFICATION (STUDI KASUS: MAN 01 DEMAK)

YULIANTI, NUKE and Indrayati, Indrayati (2017) APLIKASI PENENTUAN JURUSAN PADA JENJANG MADRASAH ALIYAH DENGAN METODE NAIVE BAYESIAN CLASSIFICATION (STUDI KASUS: MAN 01 DEMAK). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

791Kb

Abstract

Penentuan jurusan saat ini masih dilakukan secara manual dengan syarat minat dari siswa yang bersangkutan yang dirangking berdasarkan nilai yang masuk saat mendaftar. Cara ini pun terkadang kurang efektif karena selain membutuhkan waktu juga membutuhkan ketelitian yang tinggi, karena jika terjadi kesalahan dalam input data di salah satu bagian maka akan dilakukan pengkajian lagi yang akan membutuhkan waktu yang lama. Cara manual yang selama ini masih digunakan dapat diganti dengan cara otomatis yang lebih efektif dan efisien. Salah satunya dengan penggunaan teknologi seperti Aplikasi Penentuan Jurusan. Aplikasi Penjurusan adalah sebuah sistem yang memiliki fungsi utama yakni untuk menentukan keputusan. Diharapkan dengan penggunaan aplikasi ini dapat lebih tepat sasaran selain juga dapat lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan untuk Aplikasi Penjurusan ini adalah metode Naive Bayes. Teorema Bayes digunakan untuk menghitung probabilitas terjadinya suatu peristiwa berdasarkan pengaruh yang didapat dari hasil observasi. Hasil pengujian menunjukkan Aplikasi Penjurusan dengan metode Naive Bayes mampu menyeleksi jurusan siswa berdasarkan nilai SKHU, nilai test tulis, BTA dan minat. Pengujian dengan 206 data riil dan 206 data uji yang diambil berdasarkan hasil penerimaan siswa akselerasi pada tahun 2016/2017 menghasilkan nilai akurasi sebesar 52,9%. Sistem ini kurang tepat untuk diterapkan dalam penyeleksian penjurusan siswa karena perbedaan metode antara cara aplikasi dengan manual yang terlalu jauh, karena pada manual hanya dilihat berdasarkan minat siswa saja.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60632
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:09 Feb 2018 10:05
Last Modified:09 Feb 2018 10:05

Repository Staff Only: item control page