APLIKASI PEMILIHAN KOORDINATOR LAPANGAN (KORLAP) MENGGUNAKAN METODE PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE) (Studi Kasus Perum BULOG Divre Jawa Tengah)

Riyanto, Dwi (2017) APLIKASI PEMILIHAN KOORDINATOR LAPANGAN (KORLAP) MENGGUNAKAN METODE PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE) (Studi Kasus Perum BULOG Divre Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

363Kb

Abstract

Bulog Divisi Regional Jawa Tengah dibagi menjadi enam sub divisi regional yaitu Semarang, Pati, Surakarta, Banyumas, Kedu, dan Pekalongan. Setiap sub divisi regional memiliki beberapa gudang, setiap gudang ada beberapa Petugas Pemeriksa Kualitas. Petugas Pemeriksa Kualitas dibawahi oleh Koordinator lapangan. Setiap sub divisi regional hanya ada satu koordinator lapangan. Koordinator lapangan yang terbaik dapat diperoleh dengan melakukan perbandingan kandidat satu dengan kandidat yang lain sesuai dengan nilai kriteria masing-masing, sehingga didapatkan koordinator lapangan yang terbaik sesuai dengan kriteria yang telah diberikan Regional Manager. Kriteria yang digunakan dalam memilih koordinator lapangan yaitu kejujuran, loyalitas, pengalaman, tanggung jawab, komunikasi, kepemimpinan, kerjasama, disiplin, ketelitian, dan pengendalian diri. Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi pemilihan koordinator lapangan menggunakan metode Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation (Promethee) dan pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu model waterfall. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa metode Promethee mampu menentukan koordinator lapangan terbaik dari beberapa kandidat yang dipilih. Aplikasi ini telah diuji dengan jenis pengujian blackbox dimana fungsionalitasnya berhasil diterima.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60630
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Feb 2018 09:39
Last Modified:09 Feb 2018 09:39

Repository Staff Only: item control page