SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus: UKM Korps Sukarela Undip)

MAHARDHITYA, ROZKY and Wirawan, Panji Wisnu (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus: UKM Korps Sukarela Undip). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

662Kb

Abstract

Penerimaan anggota baru merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang dijalankan organisasi atau lembaga mahasiswa. Korps Sukarela (KSR) merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)/ lembaga kemahasiswaan yang menjadi wadah aktivitas mahasiswa untuk mengembangkan minat, bakat, dan keahlian di bidang kesehatan dan kemanusiaan melakukan seleksi anggota dengan melihat dan membandingkan data calon anggota seperti nilai tes tertulis, nilai tes praktik, nilai daily test, dan kehadiran. Proses seleksi semacam ini sering menimbulkan masalah seperti kurangnya ketelitian saat memasukkan data karena banyaknya jumlah calon anggota yang mencapai ratusan serta tidak adanya panduan seleksi membuat kriteria dan bobot penilaian seleksi dari tahun ke tahun mengalami perbedaan. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, terdapat sebuah sistem yang dapat menetapkan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria tertentu yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Pada SPK terdapat beberapa metode yang dapat digunakan seperti metode AHP dan metode TOPSIS. Pada penelitian ini metode AHP digunakan untuk memberikan bobot pada kriteria seleksi sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk mengurutkan calon anggota yang akan dipilih. Keluaran dari sistem ini berupa daftar peringkat calon anggota berdasarkan nilai preferensi tertinggi hingga terendah. Sistem ini menghasilkan tingkat akurasi sebesar 92,31% yang diperoleh dengan membandingkan 65 orang peringkat teratas pada hasil perhitungan sistem dengan data seleksi anggota UKM KSR Undip periode 2015-2016.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60628
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:09 Feb 2018 09:22
Last Modified:09 Feb 2018 09:22

Repository Staff Only: item control page