SISTEM PENILAIAN KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DAN AHP (STUDI KASUS: DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO)

ARIANA, ANING WAHYU FATMA and Indrayati, Indrayati (2017) SISTEM PENILAIAN KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DAN AHP (STUDI KASUS: DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

1080Kb

Abstract

Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi atau program studi. Untuk meningkatkan atau mempertahankan akreditasi, Departemen Ilmu Komputer Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro harus meningkatkan kualitas kinerjanya. Untuk mengetahui kualitas kinerja, diperlukan sistem penilaian kinerja yang mekolaborasikan penilaian kinerja finansial dan non fiansial. Oleh kaerena itu, Sistem penilaian kinerja ini menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). BSC merupakan metode penilaian kinerja yang mengkolaborasikan penilaian pada bidang finansial dan non finansial, serta dapat menerjemahkan visi misi dan strategi yang ditetapkan kedalam rangkaian tujuan strategik dan Key Performance Indicator (KPI) yang tertuang pada perspektif BSC yaitu pelanggan, finansial, proses bisnis internal, dan pertumbuhan dan pembelajaran. KPI tersebut diberi bobot dengan menggunakan metode AHP. Penelitian ini menggunakan Waterfall sebagai model proses perangkat lunak. Berdasarkan penelitian ini kombinasi dari metode Balanced Scorecard dan AHP dapat memberikan metodologi yang valid untuk mendapatkan kriteria dan bobot indikator yang diperlukan. Penelitian ini menghasilkan nilai kinerja berdasarkan perspektif BSC dalam periode tahun.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60622
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Feb 2018 15:34
Last Modified:08 Feb 2018 15:34

Repository Staff Only: item control page