SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMENANG PENGADAAN MOBIL DINAS MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE (Studi Kasus PT PLN (PERSERO) Pusat Sertifikasi)

Santoso , Mazaya Galva and KUSUMANINGRUM, RETNO (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMENANG PENGADAAN MOBIL DINAS MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE (Studi Kasus PT PLN (PERSERO) Pusat Sertifikasi). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

776Kb

Abstract

Sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah, menyatakan bahwa pengadaan mobil dinas yang dilakukan PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi menggunakan dana dari APBN/APBD harus melalui proses lelang. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan untuk menentukan pemenang pengadaan mobil dinas di PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi. Sistem ini menggunakan metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (Promethee). Promethee merupakan sebuah metode untuk menyelesaikan masalah pengambilan keputusan yang termasuk dalam kategori MultiCriteria Decision Making (MCDM) dengan prinsip outranking. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa metode Promethee mampu menentukan pemenang pengadaan mobil dinas PLN Pusertif dari beberapa alternatif yang diajukan. Sistem ini telah diuji dengan dua jenis pengujian yaitu blackbox dimana fungsionalitasnya berhasil diterima dan usability terhadap pengguna dengan hasil kualifikasi sangat baik dengan beberapa penilaian yang dinyatakan dengan persentase yaitu Kemudahan (learnability) 85,3%, Efisiensi (efficiency) 92%, Mudah Diingat (memorability) 87%, Kesalahan (error) 92%, Kepuasan (satisfaction) 84%, dan mendapatkan total rata-rata 87,6%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60619
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:08 Feb 2018 14:52
Last Modified:08 Feb 2018 14:52

Repository Staff Only: item control page