SISTEM REKOMENDASI PRODUK FURNITURE MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING (Studi Kasus: Luxury Furniture Jepara)

Najaf, Abdul Rezha Efrat and Bahtiar, Nurdin (2017) SISTEM REKOMENDASI PRODUK FURNITURE MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING (Studi Kasus: Luxury Furniture Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

653Kb

Abstract

Luxury Furniture merupakan sentra pengrajin furniture yang berlokasi di Jepara, Propinsi Jawa Tengah. Luxury Furniture memanfaatkan teknologi informasi dan jaringan Internet untuk melakukan transaksi perdagangan. Permasalahan muncul ketika banyaknya jumlah produk furniture yang ditawarkan membuat beberapa pelanggan kesulitan dalam menentukan pilihan mengenai produk furniture apa yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Solusinya adalah penggunaan sistem rekomendasi yang memungkinkan pengguna dapat memperoleh produk yang diminati berdasarkan peringkat yang diberikan pelanggan sebelumnya. Metode Item based collaborative filtering dipilih sebagai metode sistem rekomendasi karena dapat menghasilkan rekomendasi berdasarkan informasi tentang kebiasaan pengguna di masa lalu atau berdasarkan kebiasaan kumpulan pengguna yang lain. Penelitian ini menggunakan Waterfall sebagai model proses perangkat lunak. Penelitian ini menghasilkan sistem rekomendasi produk furniture yang bertujuan memudahkan pelanggan memperoleh produk furniture yang diminati berupa produk.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60612
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Feb 2018 11:09
Last Modified:08 Feb 2018 11:09

Repository Staff Only: item control page