SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PERENCANAAN PENEMPATAN TOKO MODERN DI KOTA SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Ardiansyah, Reza and Saputra, Ragil (2017) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PERENCANAAN PENEMPATAN TOKO MODERN DI KOTA SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

556Kb

Abstract

Indonesia mempunyai berbagai jenis bangunan toko modern, diantaranya adalah berbentuk minimarket, supermarket, departement store, dan hypermarket. Pendirian toko modern di Indonesia harus memperhatikan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia yang menyatakan bahwa lokasi pendirian toko modern wajib mengacu pada rencana tata ruang wilayah kabupaten/ kota dan rencana detail tata ruang wilayah kabupaten/ kota, termasuk peraturan zonasinya. Keberadaan toko modern di Kota Semarang saat ini dinilai sudah terlalu padat dan membanjiri sejumlah kawasan setempat, serta masih banyak toko modern yang belum memiliki ijin operasional dan tidak memenuhi kriteria dalam penempatan toko modern, sehingga perlu dilakukan penataan penempatan toko modern. Penelitian ini mengembangkan Sistem Informasi Geografis untuk Perencanaan Penempatan Toko Modern di Kota Semarang dengan kriteria-kriteria yang dianalisis sebagai pendirian toko modern. Sistem Informasi Geografis (SIG) dapat membantu menyajikan informasi mengenai daerah persebaran lokasi dalam bentuk peta. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menyediakan dukungan kepada pengambil keputusan dalam memecahkan masalah. Kriteria yang digunakan sebagai pendirian toko modern adalah berdasarkan pada Peraturan Walikota Semarang Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penataan Toko Modern Minimarket Kota Semarang, Bab II Pasal 4, Ayat 2 dan Ayat 4. Kriteria tersebut adalah kepadatan penduduk, perkembangan pemukiman, potensi ekonomi, arus lalu lintas, dan keberadaan pasar tradisional dan warung/ toko di wilayah sekitar yang lebih kecil daripada toko modern tersebut. Sistem ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam perencanaan penempatan toko modern. Secara garis besar, metode tersebut digunakan dalam menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, melakukan normalisasi, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menghasilkan nilai tertinggi yang dipilih sebagai alternatif terbaik, yaitu berupa titik rekomendasi. Pembangunan sistem ini menggunakan model sekuensial linier sebagai model pengembangan perangkat lunak, serta software ArcView 3.3 untuk proses digitasi peta. Sistem dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, sistem manajemen basis data MySQL dengan Scalable Vector Graphics (SVG) dan Google Maps dalam menampilkan peta. Hasil dari sistem ini adalah pemetaan persebaran toko modern yang berada di Kota Semarang dan memberikan titik rekomendasi untuk perencanaan penempatan toko modern yang disajikan dalam bentuk peta. Pada pengujian terhadap 10 sampel lokasi titik yang dipilih pada Kelurahan Tembalang Kota Semarang menghasilkan alternatif dengan nilai tertinggi yang dipilih sebagai titik rekomendasi lokasi dari beberapa alternatif berdasarkan radius 2 kilometer dari titik yang dipilih, yaitu pada titik Ngesrep 2.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60609
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:08 Feb 2018 10:49
Last Modified:08 Feb 2018 10:49

Repository Staff Only: item control page