SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA ZAKAT DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS: BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA SEMARANG)

Furoida, Asni and Sutikno, Sutikno (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA ZAKAT DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS: BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

807Kb

Abstract

Zakat dalam Islam merupakan pembersih harta kekayaan dengan menyisihkan sebagian harta kekayaan untuk disalurkan kepada mustahik. Pengelolaan zakat menjadi hal yang penting dilakukan, karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Salah satu lembaga pengelola zakat adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Semarang. Penyaluran zakat dari muzaki kepada mustahik di BAZNAS kota Semarang di distribusikan dalam program pendayagunaan, seperti pada program Semarang Cerdas yang fokus pada penyaluran dana pada bidang pendidikan. Salah satu program dari Semarang Cerdas yaitu memberi bantuan pendidikan kepada anak yatim, du’afa, dan siswa kurang mampu yang bertujuan meringankan biaya pendidikan. Masalah yang dijumpai adalah cara dalam pemilihan mustahik masih secara manual, sehingga sering menimbulkan kesalahan perhitungan yang mengakibatkan kurang akurat dalam pemilihan mustahik. Terdapat 5 kriteria dalam penentuan mustahik, yaitu status anak, pendapatan keluarga, tanggungan keluarga, indeks rumah, dan kepemilikan harta. Penggunaan metode simple additive weighting dipilih karena metode ini mampu menyeleksi alternatif terbaik dengan cara menghitung dengan mempertimbangkan nilai bobot dari tiap kriteria, untuk kemudian dilanjutkan proses perangkingan untuk menentukan mustahik berdasarkan jumlah dana bantuan yang tersedia. Hasil pengujian menunjukkan akurasi sistem baru dengan sistem lama BAZNAS kota Semarang adalah 81%, sehingga sistem pendukung keputusan penerima zakat ini mampu melakukan proses pemilihan mustahik dengan cepat dan efisien.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60604
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:08 Feb 2018 10:29
Last Modified:08 Feb 2018 10:29

Repository Staff Only: item control page