RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR PENENTUAN GANGGUAN PERTUMBUHAN PADA BALITA DIAKIBATKAN ADANYA GIZI BURUK DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER

Puspitasari, Riska and Suhartono, Suhartono (2016) RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR PENENTUAN GANGGUAN PERTUMBUHAN PADA BALITA DIAKIBATKAN ADANYA GIZI BURUK DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

583Kb

Abstract

Pertumbuhan anak merupakan aspek terpenting kehidupan seseorang, hal ini menentukan dasar untuk kehidupan selanjutnya. Bagi sebagian orang tua terutama yang mempunyai tingkat pendidikan dan sosial ekonomi yang relatif rendah belum memahami bahwa tumbuh kembang anak sangatlah penting untuk diperhatikan. Penyebab gagal tumbuh tersebut adalah keadaan gizi ibu selama hamil, pola makan bayi yang tidak benar dan penyakit infeksi. Belum adanya suatu aplikasi yang dapat membantu menyelesaikan masalah gangguan pertumbuhan. Pada penelitian ini dibangun suatu sistem pakar yang dapat mendiagnosa gangguan pertumbuhan balita. Sistem ini meniru cara berpikir seorang pakar gizi dalam melakukan diagnosis suatu kasus penyakit. Pengembangan sistem pakar ini menggunakan metode Dempster-Shafer sebagai metode untuk menghitung nilai kepercayaan atas gejala-gejala yang dipilih. Dengan cara membandingkan setiap nilai bobot dari gejala awal yang dipilih untuk seterusnya dibandingkan dengan nilai bobot gejala baru, sehingga menghasilkan jenis gangguan yang diderita disertai nilai keyakinannya. Hasil pengujian dengan persentase terbesar adalah 71.6% dengan gangguan pertumbuhan Down Sindrom, dan nilai kepastian terkecil 10% dengan gangguan pertumbuhan Obesitas menunjukkan bahwa sistem pakar ini mampu mendeteksi jenis gangguan pertumbuhan yang diderita balita disertai nilai keyakinan Dempster-Shafer.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60583
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:08 Feb 2018 08:14
Last Modified:08 Feb 2018 08:14

Repository Staff Only: item control page