SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI BARU LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus Ganesha Operation Kota Semarang)

Maulana, Muhammad Rifqi and Saputra, Ragil (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI BARU LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus Ganesha Operation Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

746Kb

Abstract

Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation adalah lembaga bimbingan non formal yang berpusat di Kota Bandung, dan salah satu cabangnya ada di Kota Semarang. Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation mempunyai program kelas bimbingan bagi siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Peratama dan Sekolah Menengah Atas. Lembaga Bimbingan Belajar tumbuh pesat khususnya di kota-kota besar di Indonesia salah satunya adalah Kota Semarang. Dalam perluasan Ganesha Operation di Kota Semarang, pihak Ganesha Operation melakukan survey lapangan secara langsung, dengan menggunakan 4 kriteria yang digunakan yaitu banyaknya jumlah sekolah, banyaknya jumlah kompetitor, luas bangunan, dan jumlah trayek angkutan umum. Kegiatan survey secara langsung ini tidak efisien karena membutuhkan waktu, tenaga dan biaya. Untuk memudahkan Ganesha Operation dalam survey lokasi maka dibuat Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk penentuan lokasi baru Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation. Dalam hal ini metode SPK yang digunakan yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP). Penggunaan Google Maps dapat membantu menyajikan informasi secara geografis mengenai daerah Kota Semarang. Pembangunan sistem ini menggunakan metode pengembangan waterfall serta menggunakan bahasa pemrograman PHP, DBMS MySQL dan Google Maps API. Produk dari sistem ini yaitu menghasilkan urutan kandidat lokasi sesuai score perhitungan menggunakan metode AHP. Kandidat-kandidat lokasi akan menjadi rekomendasi untuk dipilih oleh pihak Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation. Pada pengujian terhadap 12 lokasi yang sudah dimiliki Ganesha Operation yang ada di Kota Semarang sistem ini memberikan nilai keakurasian sebesar 75%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60578
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:07 Feb 2018 15:02
Last Modified:07 Feb 2018 15:02

Repository Staff Only: item control page