SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN USULAN KELAYAKAN SERTIFIKASI GURU MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Bekasi)

Lestari , Triani Ayu and Noranita, Beta (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN USULAN KELAYAKAN SERTIFIKASI GURU MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Bekasi). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

711Kb

Abstract

Sertifikasi guru adalah sebuah upaya pemerintah dalam rangka peningkatan mutu dan uji kompetensi tenaga pendidik dalam mekanisme teknis yang telah diatur oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yang bekerjasama dengan instansi pendidikan tinggi yang kompeten dan diakhiri dengan pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah dinyatakan memenuhi standar profesional. Di SMA Negeri 1 Bekasi, banyak guru yang mengeluhkan proses sertifikasi yang tidak transparan, diantaranya guru yang usia muda serta masa kerja yang lebih sedikit mendapat kesempatan lebih dulu menjalani proses sertifikasi daripada guru yang sudah mempunyai pengalaman kerja yang lama dan usia tua. Hal ini mengakibatkan terhambatnya efisiensi dan efektivitas waktu yang digunakan dalam memproses data guru yang layak mengikuti proses sertifikasi, mengingat pentingnya program sertifikasi guru di SMA guna meningkatkan kualitas pendidikan serta perkembangan instansi. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang dapat digunakan untuk menjadikan proses analisa data guru yang layak mengikuti proses sertifikasi menjadi efisien. Sistem pendukung keputusan usulan kelayakan sertifikasi guru ini menggunakan metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (Promethee). Promethee merupakan metode untuk menyelesaikan suatu kasus pengambilan keputusan yang termasuk dalam kategori Multi-criteria Decision Making (MCDM) dengan prinsip outranking. Setelah dilakukan serangkaian pengujian dan analisis, akan diperoleh data hasil usulan kelayakan sertifikasi berdasarkan periode tahun dan sistem menghasilkan data hasil usulan kelayakan sertifikasi tahun 2016 dengan hasil data akurat dengan sekolah yaitu 90.91%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60572
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:07 Feb 2018 14:18
Last Modified:07 Feb 2018 14:18

Repository Staff Only: item control page