ANALISIS PERENCANAAN QUALITY ASSURANCE DITINJAU DARI ASPEK PROSES PELAYANAN KEPERAWATAN RAWAT INAP PASCA AKREDITASI PARIPURNA RS SWASTA X KOTA SEMARANG

RATNAWATI, DESY (2017) ANALISIS PERENCANAAN QUALITY ASSURANCE DITINJAU DARI ASPEK PROSES PELAYANAN KEPERAWATAN RAWAT INAP PASCA AKREDITASI PARIPURNA RS SWASTA X KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Penjaminan mutu yang berkesinambungan diperlukan dalam mempertahankan mutu pelayanan agar tetap sesuai dengan standar akreditasi. Pencapaian indikator sasaran mutu di RS Swasta X Kota Semarang pada kepatuhan perawat terhadap pelaksanaan Standar Prosedur Operasional (SPO) keperawatan sebesar 88,47 %, kepuasan pelanggan sebesar 97,6% dan kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan sebesar 88,4% dengan target pada seluruh indikator yaitu 90%. Tujuan penelitian untuk menganalisis perencanaan quality assurance ditinjau dari aspek proses pelayanan keperawatan rawat inap pasca akreditasi paripurna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam kepada 4 informan utama dari ketua dan staf tim mutu keperawatan serta 3 informan triangulasi yaitu manager keperawatan dan koordinator keperawatan ruangan. Dilakukan analisis isi untuk mengolah data melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan rumah sakit telah menerapkan program Quality Assurance pada aspek proses pelayanan keperawatan. Kegiatan QA pada monitoring hanya menggunakan metode sampling, monitoring tidak dilakukan pada keseluruhan SPO yang ada, tidak ditujukan kepada seluruh perawat pelaksana, monitoring kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan dilakukan hanya pada beberapa status pasien, dilakukan setiap 3 bulan sekali, dan masih ada keterlambatan dalam pelaporan hasil monitoring evaluasi karena masih ada rangkap jabatan, serta upaya perbaikan yang dilakukan melalui pelatihan komunikasi efektif dan dokumentasi asuhan keperawatan dilaksanakan hanya sesuai dengan kebutuhan. Saran yang direkomendasikan: Rumah sakit perlu mengkaji kembali keefektifan kegiatan monitoring dan evaluasi sasaran mutu yang hanya dilaksanakan setiap 3 bulan sekali dan meningkatkan kedisiplinan dalam pelaporan hasil monitoring dan evaluasi serta memberikan program pelatihan komunikasi efektif dan pendokumentasian asuhan keperawatan secara kontinyu Kata Kunci: Perencanaan, Quality Assurance, Proses, Keperawatan, Akreditasi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60472
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Feb 2018 14:25
Last Modified:02 Feb 2018 14:25

Repository Staff Only: item control page