ANALISIS PELAKSANAAN PENCATATAN PELAPORAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG KOTA SEMARANG

PRATIWI, ANGGIKA YELZI (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PENCATATAN PELAPORAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Pencatatan pelaporan insiden keselamatan pasien merupakan salah satu langkah dalam mencapai keselamatan pasien. Pelaporan insiden keselamatan pasien di RSISA Semarang pada tahun 2015 sebesar 163 pelaporan dan pada tahun 2016 menurun dengan jumlah 60 pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan dan pelaksanaan dari sistem pelaksanaan pencatatan pelaporan insiden keselamatan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah petugas unit rawat inap, tim Komite Mutu dan Keselamatan Pasien, Kepala Bagian Diklat dan Kepala Bagian Litbang sebanyak 13 orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan metode observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa surat kebijakan dan standar prosedur operasional yang belum lengkap, belum semua petugas rumah sakit melakukan pencatatan pelaporan insiden keselamatan pasien, petugas hanya melaporkan namun tidak mengisi formulir insiden, formulir insiden tidak lengkap, petugas takut melapor, pelaporan insiden terlambat lebih dari 2x24 jam, tidak ada sosialisasi, pembinaan dan pelatihan rutin, budaya menyalahkan masih ada, penerapan penghargaan belum optimal, dan pelaporan insiden keselamatan pasien hanya sekedar mengumpulkan data tidak ada proses pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pencatatan pelaporan insiden keselamatan pasien di RSISA Semarang dilihat dari aspek perencanaan dan pelaksaan belum optimal. Saran dari penelitian ini untuk rumah sakit adalah penetapan kebijakan baru yang lengkap mengenai pelaporan insiden keselamatan pasien, sosialisasi untuk refreshment petugas, perencanaan serta pelaksanaan pembinaan dan pelatihan rutin petugas, meningkatkan penerapan budaya tidak menyalahkan, sosialisasi rekomendasi insiden, dan pengoptimalan visitasi ke unit oleh Komite Mutu dan Keselamatan Pasien Kata Kunci: Keselamatan pasien, pelaporan insiden keselamatan pasien.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60462
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Feb 2018 11:12
Last Modified:02 Feb 2018 11:12

Repository Staff Only: item control page