ANALISIS PELAKSANAAN RUJUKAN RAWAT JALAN TINGKAT PERTAMA PADA PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (STUDI KASUS DI PUSKESMAS NEGLASARI KOTA TANGERANG)

FIRDIAH, MUTIA RIZQA (2017) ANALISIS PELAKSANAAN RUJUKAN RAWAT JALAN TINGKAT PERTAMA PADA PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (STUDI KASUS DI PUSKESMAS NEGLASARI KOTA TANGERANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Tingginya rasio rujukan di Puskesmas Neglasari sebesar 23,43% yang melebihi standar yang ditetapkan yaitu lebih dari 5%. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa rujukan di Puskesmas Neglasari disebabkan oleh kondisi pasien yang memang diharuskan untuk dirujuk, tidak adanya perubahan kondisi pasien sehingga menyebabkan pasien dirujuk, obat-obatan yang terkadang tidak lengkap, keterbatasan fasilitas alat kesehatan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan rujukan rawat jalan tingkat pertama pada peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Neglasari Kota Tangerang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit terbanyak yang dirujuk adalah penyakit hipertensi, diabetes melitus, jantung, dan kusta. Ketersediaan dokter belum mencukupi jika dilihat dari rasio perbandingan jumlah dokter dengan jumlah peserta terdaftar. Ketersediaan obat-obatan belum mencukupi. Kelengkapan fasilitas alat kesehatan belum lengkap. Pemahaman dokter sebagai gatekeeper sudah baik. Jika terdapat pasien yang meminta untuk dirujuk, biasanya dokter akan memberikan penjelasan kepada pasien, namun jika pasien tetap ingin dirujuk, dokter akan menambahkan keterangan “Atas Permintaan Sendiri” pada surat rujukan. Saran dari penelitian ini ialah diharapkan Puskesmas Neglasari dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada pasien khususnya pasien BPJS Kesehatan dengan penambahan fasilitas alat kesehatan. Selain itu, Puskesmas Neglasari juga diharapkan dapat membantu BPJS Kesehatan dalam mensosialisasikan peraturan rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di BPJS Kesehatan. Dan untuk pihak BPJS Kesehatan diharapkan dapat mengkaji ulang isi dari formulir kredensialing pada bagian fasilitas alat kesehatan, serta memprogram ulang aplikasi primary-care agar dokter dapat merujuk pasien dengan tepat Kata Kunci: Rujukan RJTP, BPJS Kesehatan, Puskesmas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60454
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Feb 2018 10:14
Last Modified:02 Feb 2018 10:14

Repository Staff Only: item control page