HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU BALITA DENGAN PEMANFAATAN DATA KARTU MENUJU SEHAT (KMS) DALAM BUKU KIA (STUDI KASUS DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG TAHUN 2016)

RAHAYU, ANA PUTRI (2017) HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU BALITA DENGAN PEMANFAATAN DATA KARTU MENUJU SEHAT (KMS) DALAM BUKU KIA (STUDI KASUS DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG TAHUN 2016). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Pemantauan pertumbuhan balita digunakan untuk menentukan status pertumbuhan balita berdasarkan hasil penimbangan berat badan dan menindaklanjuti setiap kasus gangguan pertumbuhan melalui KMS. Data KMS menjadi media yang efektif dan cepat bagi petugas kesehatan untuk mengetahui pelayanan kesehatan apa saja yang sudah didapatkan oleh balita. Menurut data BPB Tahun 2014, sekitar 78,5% ibu balita di Puskesmas Kedungmundu tidak membawa buku KMS ketika menimbang atau memeriksakan kesehatan balitanya. Dan menurut hasil studi pendahuluan melalui wawancara dengan pemegang program Gizi dan KIA di Puskesmas Kedungmundu hampir 70% ibu balita tidak dapat membaca data KMS dalam Buku KIA dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan karakteristik ibu balita dengan pemanfaatan data Kartu Menuju Sehat (KMS) dalam buku KIA (studi kasus di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang Tahun 2016). Populasi dalam penelitian ini adalah 68ibu balita dengan kriteria inklusi yang dikehendaki peneliti untuk dijadikan sampel penelitian. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh total populasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Rank Spearman dengan menggunakan nilai ρs.Hasil penelitian diketahui umur ibu balita termuda adalah 20 tahun dan umur ibu balita tertua adalah 40 tahun, persentase pendidikan terbanyak ibu balita adalah pendidikan lanjut (75,0%), mayoritas pekerjaan ibu balita adalah ibu rumah tangga (tidak bekerja) (51,5%). Hasil uji statistik ditemukan ada hubungan dengan korelasi sangat lemah antara umur ibu balita (rs = 0,101) dan pendidikan ibu balita (rs = 0,105), ada hubungan dengan korelasi lemah antara pekerjaan ibu balita (rs = 0,166),pengetahuan ibu balita (rs = 0,287) dansikap ibu balita (rs = 0,285) dengan pemanfatan data KMS dalam buku KIA. Disarankan kepada Puskesmas Kedungmundu dapat memberikan informasi atau penyuluhan kepada ibu balita tentang pentingnya pemanfaatan data KMS dalam buku KIA yang kaitannya dengan deteksi dini gangguan pertumbuhan balita dengan menggunakan data KMS melalui kegiatan yang dilakukan di masyarakat seperti saat kegiatan posyandu, pertemuan PKK atau dalam kelompok pengajian Kata Kunci: Karakteristik Ibu Balita, Pemanfaatan data KMS dalam Buku KIA

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60447
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Feb 2018 09:49
Last Modified:02 Feb 2018 09:49

Repository Staff Only: item control page