TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM WACANA KONSULTASI KESEHATAN ONLINE

Astuti, Sri Puji (2017) TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM WACANA KONSULTASI KESEHATAN ONLINE. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
257Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/60432

Abstract

Di zaman sekarang konsultasi medis tidak harus dilakukan secara tatap muka tetapi bisa juga dilakukan secara online. Konsultasi dengan cara ini dalam hal tertentu dianggap lebih hemat dan lebih efektif karena di samping tidak membutuhkan waktu lama menunggu antrean dokter di tempat praktek juga menghemat biaya karena gratis. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan jenis tindak tutur direktif apa sajakah yang digunakan dalam wacana konsultasi kesehatan online. Peneliti menggunakan metode deskriptif karena menjabarkan secara mendalam hal yang akan diteliti. Data penelitian ini berupa penggalan wacana yang mengandung tindak tutur direktif dokter yang terdapat dalam media online. Pengumpulan data dilakukan dengan menyimak tuturan yang terdapat dalam media online. Data dianalisis dengan menggunakan teori pagmatik khususnya tindak tutur direktif. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa wacana konsultasi online menggunakan jenis tindak tutur direktif requestives, questions, requireements, probibitives, requirements, dan permissives. Tindak tutur direktif ada yang langsung ada yang tidak langsung. Tindak tutur direktif tidak langsung digunakan untuk memerintah mitra tutur agar mitra tutur tidak merasa diperintah atau untuk memperhalus tuturan.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P201-299 Comparative grammar
ID Code:60432
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:01 Feb 2018 14:46
Last Modified:01 Feb 2018 14:46

Repository Staff Only: item control page