SCREENING FUNGSI GINJAL SEBAGAI PERBAIKAN OUTCOME PENGOBATAN PADA PENDERTA DIABETES MELLITUS TIPE II (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep)

ADITYA, ASTRI (2017) SCREENING FUNGSI GINJAL SEBAGAI PERBAIKAN OUTCOME PENGOBATAN PADA PENDERTA DIABETES MELLITUS TIPE II (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Diabetes Melitus adalah gangguan metabolik menahun disebabkan peningkatan kadar gula darah akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin. Diabetes yang diderita seumur hidup perlu evaluasi untuk menilai tingkat keparahan, beban akibat kesakitan dan tindakan pengelolaan dengan melihat kualitas hidup penderita Diabetes Melitus. Tujuan penelitian adalah menggambarkan kualitas hidup penderita Diabetes Melitus pada Anggota Komunitas dan Non Anggota Komunitas Diabetes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan studi cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner DQOL (Diabetes Quality of Life) untuk mengukur kualitas hidup, SDSCA (Summary of diabetes self care activities)untuk perawatan diri, Sosial Support untuk dukungan sosial, DMSES (Diabetes Management Self Efficacy Scale)untuk efikasi diri dan BDI (Beck Depression Inventory) untuk tingkat depresi. Sampel penelitian sebanyak 40 untuk masing-masing anggota dan Non Anggota Komunitas dengan kunjungan rumah. Hasil penelitian menunjukkan Non Anggota dan Anggota Komunitas Diabetes memiliki kesamaan karakteristik yaitu paling banyak lama menderita DM 1-5 tahun, berjenis kelamin perempuan, tidak bekerja, tidak bersekolah, memiliki pendapatan Kata Kunci: Diabetes Melitus, Kualitas Hidup, Komunitas Diabetes

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60406
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Feb 2018 11:45
Last Modified:01 Feb 2018 11:45

Repository Staff Only: item control page