HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWI DENGAN PENERIMAAN VAKSINASI HPV SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KANKER SERVIK (Studi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro)

EKOWATI, DEWI (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWI DENGAN PENERIMAAN VAKSINASI HPV SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KANKER SERVIK (Studi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Kanker serviks adalah pertumbuhan sel yang berlebihan dan tidak terkontrol di sekitar serviks. Penyebab utamanya adalah HPV (Human Papilloma Virus). Pencegahan primer yang dapat dilakukan salah satunya adalah vaksinasi HPV. Sampai saat ini diperkirakan masih banyak perempuan muda Indonesia yang belum mengerti tentang vaksinasi HPV. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan persepsi dengan penerimaan vaksinasi HPV pada mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain studi cross-sectional. Sampel dipilih secara proportional random sampling dari 594 mahasiswi Fakultas Psikologi. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner untuk menilai karakteristik demografi; HPV dan karakteristik kesehatan terkait kanker serviks; pengetahuan dan keyakinan terhadap HPV dan kanker serviks. Analisis korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan persepsi dengan penerimaan vaksinasi HPV. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan responden tentang kanker serviks dan vaksinasi HPV masih kurang (49%); sebagian besar responden bersedia menerima vaksinasi HPV (70%). Analisis statistik menunjukkan bahwa penerimaan vaksin HPV secara signifikan berhubungan dengan persepsi manfaat dari vaksinasi HPV (p=0,024). Pengetahuan secara signifikan berhubungan dengan persepsi keseriusan dari kanker serviks (p=0,024) dan persepsi hambatan dari vaksinasi HPV (p=0,003). Vaksin HPV memiliki potensi besar untuk mencegah kanker serviks. Memahami variabel yang berhubungan dengan penerimaan vaksinasi HPV dapat mengarahkan inisiatif melakukan vaksinasi HPV, dengan demikian dapat meningkatkan penerimaan vaksinasi HPV di kalangan mahasiswi perguruan tinggi Kata Kunci: pengetahuan, persepsi, kanker serviks, vaksinasi HPV

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60392
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Feb 2018 10:52
Last Modified:01 Feb 2018 10:52

Repository Staff Only: item control page