GAMBARAN KEPATUHAN PENGOBATAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG TERKAIT PADA PENDERITA KOINFEKSI TB-HIV (Studi pada Pasien yang Berkunjung di Balai Kesehatan Paru Masyarakat Wilayah Semarang)

ANNISA, YUNITASARI (2017) GAMBARAN KEPATUHAN PENGOBATAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG TERKAIT PADA PENDERITA KOINFEKSI TB-HIV (Studi pada Pasien yang Berkunjung di Balai Kesehatan Paru Masyarakat Wilayah Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

Pasien koinfeksi TB-HIV menjalani pengobatan TB dan kemudian dilanjutkan dengan pengobatan HIV yang menjadi beban mereka. Kejenuhan, efek samping yang akan muncul dan faktor-faktor lain akan mempengaruhi kepatuhan pasien.. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kepatuhan pengobatan dan faktor-faktor yang terkait pada pasien koinfeksi TB-HIV. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif dan design studi cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua pasien koinfeksi TB-HIV yang tercatat dan menjalani pengobatan di BKPM Wilayah Semarang yang berjumlah 61 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan responden dengan kepatuhan koinfeksi TB-HIV yang baik lebih besar pada responden yang memiliki pengetahuan baik (75.0%), responden yang merasakan kerentanan (97,6%), responden yang merasakan keseriusan (97,6%), responden yang merasakan manfaat pengobatan (76,5%), responden yang merasakan hambatan (89,7%), responden yang kurang mendapat dukungan keluarga (74,1%), responden yang memiliki perkerjaan (75,0%), dan responden yang mengalami efek samping obat (80,5%). Maka dapat disimpulkan responden yang memiliki kepatuhan baik memiliki tingkat pengetahuan yang baik, merasakan kerentanan, merasakan keseriusan penyakitnya, merasakan hambatan, kurang mendapat dukungan keluarga, memiliki pekerjaan, dan mengalami efek samping Kata Kunci: Koinfeksi TB-HIV, Kepatuhan Pengobatan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60391
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Feb 2018 10:49
Last Modified:01 Feb 2018 10:49

Repository Staff Only: item control page