GAMBARAN PERILAKU PENCARIAN PENGOBATAN TERHADAP KEJADIAN DERMATITIS KONTAK PADA PETANI GARAM (STUDI PADA PETANI GARAM DI KECAMATAN KALIORI, KABUPATEN REMBANG)

SINAGA, WAHYUNI CHRISTIANY BR. (2017) GAMBARAN PERILAKU PENCARIAN PENGOBATAN TERHADAP KEJADIAN DERMATITIS KONTAK PADA PETANI GARAM (STUDI PADA PETANI GARAM DI KECAMATAN KALIORI, KABUPATEN REMBANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Dermatitis ialah peradangan epidermis dan dermis memberikan gejala subjektif gatal menghasilkan ruam yang berkembang dan bermacam-macam. riskesdas 2007, prevalensi dermatitis di Indonesia yaitu 67,8%. Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dermatitis termasuk lima besar penyakit, prevalensi 16,9%. Di Kecamatan Kaliori termasuk lima besar 23,3%. Tujuan penelitian menggambarkan perilaku pencarian pengobatan dermatitis kontak pada kelompok petani garam di Kecamatan Kaliori dan faktor-faktor yang berkaitan. Rancangan penelitian deskriptif dengan desain studi cross-sectional. Popoulasi penelitian adalah seluruh petani garam yang menderita dermatitis kontak. Sampel penelitian ini yaitu 87 orang. Hasil penelitian menunjukkan pola perilaku pencarian pengobatan yaitu mengobati sendiri (50,6%), periksa ke tenaga kesehatan (26,4%), dan tidak melakukan apa-apa karena tidak mau (23%). Responden yang mengobati sendiri pengetahuannya buruk (63,6%). Rata-rata umur responden 57 tahun, pendidikan tamat SD (60,9%), pendapatan di atas UMR (56,3%). Persepsi Kerentanan, yang merasa rentan sebesar 58,6%, namun yang mengobati sendiri lebih banyak merasa tidak rentan 63,9%. Persepsi keparahan, yang merasa parah sebesar 51,5%, namun yang mengobati sendiri lebih banyak merasa tidak parah 54,8%. Persepsi manfaat, yang merasa ada manfaat sebesar 59,8%, namun yang mengobati sendiri lebih banyak merasa tidak ada manfaat. Persepsi hambatan, yang merasa ada hambatan sebesar 50,6%, yang periksa ke tenaga kesehatan lebih banyak merasa ada hambatan 38,6%. Responden dengan dukungan baik (52,9%), memiliki asuransi kesehatan 52,9%, akses pelayanan kesehatan jauh 70,1 %. Diharapkan Puskesmas Kaliori meningkatkan pengetahuan dan kesadaran petani garam tentang dermatitis kontak serta pengobatan yang tepat. Kata Kunci: Dermatitis, perilaku pencarian pengobatan, health belief model

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60381
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Feb 2018 09:58
Last Modified:01 Feb 2018 10:03

Repository Staff Only: item control page