TATALAKSANA KESEHATAN DAN PENCEGAHAN PENYAKIT PADA PENGGEMUKAN SAPI POTONG DI CV INDONESIA MULTI INDAH DESA LANGSE KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI

ROSIDI, Muhammad R. and HARJANTI, Dian Wahyu (2017) TATALAKSANA KESEHATAN DAN PENCEGAHAN PENYAKIT PADA PENGGEMUKAN SAPI POTONG DI CV INDONESIA MULTI INDAH DESA LANGSE KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERTANIAN UNDIP.

[img]
Preview
PDF
186Kb
[img]
Preview
PDF
77Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
76Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

371Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

508Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1086Kb

Abstract

Praktek Kerja Lapang dilaksanakan pada tanggal 8 Februari hingga 24 Maret 2017 di CV Indonesia Multi Indah. Tujuan PKL ini adalah untuk memenuhi persyaratan pengambilan tugas akhir, menambah pengetahuan dan wawasan di dunia peternakan serta dapat mengidentifikasi penyakit, mengetahui langkah – langkah pencegahan dan penanganan penyakit. Manfaat praktek ini adalah memperoleh pengalaman secara langsung di bidang peternakan, memperoleh wawasan yang lebih luas mengenai dunia peternakan dan memperoleh pengetahuan yang dapat digunakan sebagai pengalaman kerja nantinya. Materi yang digunakan pada praktek kerja lapang yaitu 20 ekor sapi potong. Alat yang digunakan yaitu alat tulis, termometer dan hygrometer. Metode yang digunakan dalam PKL adalah dengan berpatisipasi secara aktif pada kegiatan pemeliharaan dan penanganan kesehatan Berdasarkan Praktek Kerja Lapangan ini diketahui bahwa tindakan pencegahan yang dilakukan di CV Indonasia Multi Indah yaitu tindakan karantina, pembersihan kandang, meliputi atap – atap kandang, lantai kandang, pembersihan feses dan pemeriksaan harian. CV. Indonesia Multi Indah memulai usaha penggemukkan pada tahun 1994 dengan jumlah ternak sebanyak 400 ekor sapi potong yang terdiri dari 210 ekor bangsa sapi peranakan limousin, 100 ekor bangsa sapi peranakan simmental, 50 ekor bangsa sapi peranakan brangus dan 40 ekor bangsa sapi peranakan brahman. Setiap bangsa sapi memiliki perbedaan rata – rata data fisiologi ternak. Pada bangsa sapi limousin frekuensi nafas 35,8 kali/menit, denyut nadi 57,6 kali/menit, suhu tubuh 38,76 0 C, bangsa sapi simmental frekuensi nafas 34,8 kali/menit, denyut nadi 60,4 kali/menit, suhu tubuh 38,66 0 C, bangsa sapi brangus frekuensi nafas 35,6 kali/menit, denyut nadi 58,8 kali/menit, suhu tubuh 38,78 0 C, bangsa sapi brahman frekuensi nafas 43 kali/menit, denyut nadi 66,2 kali/menit dan suhu tubuh 38,94 0 C. Program pemeliharaan pejantan di CV Indonesia Multi Indah disesuaikan dengan masing – masing bangsa dan tipe kandang karena karakteristik tiap bangsa berbeda. Ada 3 bagian penting dalam pemeliharaan yaitu pakan, perawatan dan kesehatan. Upaya yang digunakan untuk mencegah penyakitdan perawatan kesehatan yaitu meliputi karantina, sanitasi, pemeriksaan kesehatan harian, pengobatan, pemberian vitamin dan pemberian obat cacing. Berdasarkan hasil kerja PKL dapat disimpulkan bahwa fisiologi ternak dalam kondisi normal, namun tatalaksana kesehatan dan pencegahan penyakit di CV belumbaik karena tidak ada biosecurity pada pintu masuk peternakan berupa desinfeksi kendaraan dan orang yang masuk ke lingkungan peternakan. Sehingga dapat mengakibatkan ternak mudah terserang penyakit.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:60377
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:23 Aug 2018 10:29
Last Modified:23 Aug 2018 10:29

Repository Staff Only: item control page