HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DENGAN KUALITAS MIKROBIOLOGIS PADA MINUMAN ES COKLAT DI KOTA SEMARANG (STUDI DI KECAMATAN TEMBALANG DAN KECAMATAN PEDURUNGAN)

RAHAYUNINGSIH, DWI (2017) HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DENGAN KUALITAS MIKROBIOLOGIS PADA MINUMAN ES COKLAT DI KOTA SEMARANG (STUDI DI KECAMATAN TEMBALANG DAN KECAMATAN PEDURUNGAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Water borne disease adalah penyakit yang disebabkan oleh masuknya bakteri patogen dalam tubuh bersama minuman. Minuman es coklat saat ini banyak beredar di masyarakat. Kecamatan Tembalang dan Kecamatan Pedurungan di Kota Semarang merupakan kawasan pendidikan sehingga merupakan tempat strategis berjualan minuman es coklat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan higiene sanitasi dengan kualitas mikrobiologis pada minuman es coklat di Kota Semarang (Studi di Kecamatan Tembalang dan Kecamatan Pedurungan). Jenis penelitian ini adalah observasional-analitik dengan desain studi cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 38 sampel minuman es coklat. Data dianalisis menggunakan Chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minuman es coklat sebagian besar tidak memenuhi syarat kesehatan berdasarkan status Coliform tidak memenuhi syarat sebanyak 35 sampel (92,1%), terkontaminasi Escherichia coli sebanyak 21 sampel (55,3%) dan terkontaminasi khamir/kapang/jamur sebanyak 6 sampel (15,7%). Ada hubungan antara higiene penjamah dengan kualitas mikrobiologis pada minuman es coklat (p value=0.043) namun tidak ada hubungan antara sanitasi tempat berjualan dan sanitasi peralatan yang digunakan dengan kualitas mikrobiologis pada minuman es coklat (p value>0,999 dan p value=0,093). Pedagang harus memperhatikan higiene saat membuat minuman es coklat sehingga kontaminasi bakteri dapat diminimalisir Kata Kunci: Es coklat, higiene sanitasi, Coliform, Escherichia coli

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60348
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2018 14:10
Last Modified:31 Jan 2018 14:10

Repository Staff Only: item control page