TANGGUNG JAWAB NEGARA MELINDUNGI KAUM TRANSGENDER DALAM PERSPEKTIF HAM (STUDI KHUSUS TERHADAP TINDAK KEKERASAN YANG DIALAMI KAUM TRANSGENDER DI TURKI)

Juniati, Rosi Rebeca and Supriyadhie , M. Kabul and Rahayu, Rahayu (2017) TANGGUNG JAWAB NEGARA MELINDUNGI KAUM TRANSGENDER DALAM PERSPEKTIF HAM (STUDI KHUSUS TERHADAP TINDAK KEKERASAN YANG DIALAMI KAUM TRANSGENDER DI TURKI). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]Microsoft Word
12Kb

Abstract

Kekerasan berbasis gender saat ini tengah menjadi isu yang hangat untuk dibahas. Kekerasan berbasis gender tidak hanya kekerasan terhadap wanita atau pria melainkan juga kekerasan terhadap transgender. Kekerasan terhadap kaum transgender sesungguhnya terjadi di seluruh belahan dunia, namun tidak sedikit pihak yang menyatakan bahwa saat ini salah satu negara yang paling banyak melakukan tindak kekerasan terhadap kaum transgender adalah negara Turki. Penelitian berjudul “Tanggung Jawab Negara Melindungi Kaum Transgender dalam Perspektif HAM (Studi Khusus Terhadap Tindak Kekerasan yang Dialami Kaum Transgender di Turki)” ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kaum transgender di Turkimengalami tindak kekerasan serta bagaimana tanggung jawab negara Turki dalam melindungi kaum transgender, ditinjaudari perspektif HAM. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan doktrinal. Adapun spesifikasi penelitian dilakukan dengan metode penelitian yang bersifat deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data penulisan hukum ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data sekunder dan dilengkapi dengan metode analisis data kualitatif yaitu dengan meninjau berdasarkan peraturan yang berkaitan tindak kekerasan terhadap kaum transgender. Metode penarikan kesimpulan penelitian ini bersifat ini adalah deduktif Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa negara Turki belum mampu memberikan perlindungan HAM bagi seluruh warga negaranya khususnya bagi kaum transgender. Seharusnya HAM dapat dinikmati oleh seluruh warga negara Turki tanpa terkecuali sebab HAM sifatnya universal dan tidak dapat dipisahkan dari diri manusia. Kata Kunci: tanggung jawab negara, tindak kekerasan, transgender

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:60345
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:31 Jan 2018 13:48
Last Modified:31 Jan 2018 13:48

Repository Staff Only: item control page