GAMBARAN TINGKAT DEPRESI PADA PRIA USIA 30-50 TAHUN YANG MENGALAMI ANDROPAUSE DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG (STUDI DI KECAMATAN TEMBALANG)

APRIANI, WINDA (2017) GAMBARAN TINGKAT DEPRESI PADA PRIA USIA 30-50 TAHUN YANG MENGALAMI ANDROPAUSE DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG (STUDI DI KECAMATAN TEMBALANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Andropause adalah penurunan kadar hormon testosteron pada pria yang merupakan proses alami yang terjadi seiring bertambahnya usia dan semua pria pasti mengalami andropause. Pada pria, kondisi andropause menimbulkan berbagai gejala, salah satunya dapat mengalami depresi. Kondisi berkurangnya kadar hormon testosteron mempengaruhi hormon serotonin sebagai antidepressan sehingga memicu timbulnya depresi pada pria usia 30-50 tahun yang mengalami andropause di Kecamatan Tembalang. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan desain studi cross sectional . Pengambilan sampel dengan cara Proportional Random Sampling dengan total sampel 100 responden berdasarkan rumus estimasi proporsi dengan populasi yang telah diketahui. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden yang mengalami andropause sebanyak 64 (64%), sebanyak 36 (56.2%) responden yang telah mengalami andropause juga mengalami depresi, sedangkan 28 (43.8%) responden tidak mengalami depresi. Selain itu, responden yang mengalami gejala andropause menunjukan arah hubungan yang positif terhadap status depresinya. Tingkat depresi responden yang mengalami andropause paling banyak mengalami depresi ringan sebesar 28 (87.5%), sedangkan pada responden yang tidak mengalami andropause lebih banyak tidak mengalami depresi sebesar 30 (51.7%). Hasil tersebut menunjukan pria yang telah mengalami andropause dapat mengalami gejala depresif cenderung lebih berat, dibandingkan dengan pria yang tidak mengalami andropause. Oleh karena itu, pria yang sudah memasuki usia andropause dapat mencegah terjadinya andropause sedini mungkin dengan melakukan pola hidup sehat seperti berolahraga rutin, menjaga pola makan seimbang, istirahat cukup mengurangi alkohol dan dapat meminimalisir risiko depresi, selain itu petugas kesehatan setempat dapat mengoptimalkan Posyandu Lansia sebagai tempat informasi andopause dan kesehatan pria usia lanjut Kata Kunci: Andropause, Depresi, Tingkat Depresi, Tembalang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60322
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2018 10:21
Last Modified:31 Jan 2018 10:21

Repository Staff Only: item control page