PERSEPSI TENTANG PENYAKIT TERHADAP MANAJEMEN DIRI PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO PARAKAN)

PUSPASARI, MIRANTI (2017) PERSEPSI TENTANG PENYAKIT TERHADAP MANAJEMEN DIRI PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO PARAKAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit degeneratif yang terjadi karena jumlah insulin didalam tubuh tidak seimbang. Diabetes dapat berkembang menjadi berbagai penyakit komplikasi yang tidak dapat disembuhkan tetapi bisa dicegah dengan adanya pengelolaan atau manajemen diri yang baik dari penderitanya. Salah satu faktor yang mempengaruhi manajemen diri penderita diabetes adalah persepsi yang dimiliki oleh masing-masing penderita tentang penyakitnya. Semakin baik persepsi seorang penderita diabetes maka semakin baik pula manajemen diri terhadap pengelolaan penyakit diabetes yang dideritanya. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis persepsi tentang penyakit yang dimiliki penderita diabetes melitus tipe 2 terhadap manajemen diri dalam mengelola penyakitnya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik consecutive sampling. Hasil uji korelasi belum cukup bukti untuk menyatakan adanya hubungan (p=0,538; OR=1,385)antara persepsi dengan manajemen diri. Perlu adanya pemberian informasi dan edukasi dari pihak rumah sakit mengingat masih kurangnya pengetahuan responden terkait penyakit diabetes melitus meliputi gejala, faktor risiko, dampak, dan penatalaksanaan penyakit diabetes melitus agar dapat meningkatkan pengetahuan responden sebagai upaya preventif yang dapat mengurangi terjadinya komplikasi diabetes melitus tipe 2 di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan. Kata Kunci: Diabetes Melitus, Manajemen diri, Persepsi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60317
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2018 09:42
Last Modified:31 Jan 2018 09:42

Repository Staff Only: item control page