KESALAHAN-KESALAHAN BERBAHASA PARA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, DALAM TUGAS MATA KULIAH STRATEGIBELAJAR MENGAJAR, TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Budiyono, Sri and Pranawa, Erry (2017) KESALAHAN-KESALAHAN BERBAHASA PARA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, DALAM TUGAS MATA KULIAH STRATEGIBELAJAR MENGAJAR, TAHUN PELAJARAN 2015/2016. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
327Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/60298

Abstract

The purpose of this research is to find the mistakes of the students in Indonesian language, especially in the scientific tasks assigned by lecturers to the students. The errors examined involve the spelling, morphology, semantics, and syntax. Therefore, the language used in scientific meetings or papers that they compile should be oriented to the language of good and right. The use of the wrong language can affect the reader (one's language). This can happen because there is a possibility of him imitating the wrong language. The method used in this research is descriptive qualitative. Researchers look for written sources (through their papers), observations, and interviews. One of the errors that are often found in their papers presented later analyzed based on the theory used. The most common spelling errors are writing on, any particles, compose words, rewriting, capitalization or capitalization, and the use of periods, as well as errors in logic. These errors reflect that the students who make the writing pay little attention to the correct writing rules and even because of their ignorance of the rules in the EYD (Enhanced Spelling by Indonesia Government). These frequent spelling mistakes are indeed common mistakes that can happen and can even be done by anyone, among us (including teachers / lecturers though). However, if the readers (not just linguists) recognize that Indonesian is the national language and the language of the country, it will always try to use it as well as possible. Keywords: error in language, spelling, logic ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mencari kesalahan-kesalahan para mahasiswa dalam berbahasa Indonesia, khususnya dalam tugas-tugas ilmiah yang diberikan oleh dosen kepada para mahasiswanya. Kesalahan-kesalahan yang dikaji menyangkut tata tulis ejaan, morfologi, semantik, maupun sintaksisnya. Oleh sebab itu, bahasa yang digunakan dalam pertemuan ilmiah atau makalah yang mereka susun hendaklah berorientasi pada bahasa yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang salah dapat memengaruhi pembaca (bahasa seseorang). Hal ini bisa terjadi karena ada kemungkinan dia meniru bahasa yang salah tersebut. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti mencari sumber tertulis (lewat makalah yang mereka buat), observasi, dan wawancara. Salah satu kesalahan yang sering ditemukan di dalam makalah-makalah mereka dipaparkan kemudian dianalisis berdasarkan teori yang dipakai. Kesalahan ejaan yang masih sering muncul tersebut adalah penulisan di, partikel pun, penulisan kata gabung, penulisan kata ulang, pemakaian hurufbesar atau huruf kapital, dan pemakaian tanda titik, serta kesalahan dalam berlogika.Kesalahan-kesalahan yang ada tersebut mencerminkan bahwa para mahasiswa yang membuat tulisan tersebut kurang memerhatikan kaidah-kaidah penulisan yang benar dan bahkan karena kekurangtahuannya terhadap aturan-aturan yang ada dalam EYD. Kesalahan-kesalahan ejaan yang sering terjadi tersebut memang merupakan kesalahan umum yang banyak terjadi dan bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja, di antara kita (termasuk para guru/dosen sekalipun). Namun, kalau para pembaca (tidak hanya orang yang ahli bahasa) mengakui bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan bahasa negara, pastilah akan selalu berusaha menggunakannya sebaik mungkin. Kata kunci: kesalahan berbahasa, ejaan, berlogika

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:60298
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jan 2018 22:42
Last Modified:30 Jan 2018 22:42

Repository Staff Only: item control page