NOMINA DAN PENATAANNYA DALAM SISTEM TATA BAHASA INDONESIA

Suhandano, Suhandano (2017) NOMINA DAN PENATAANNYA DALAM SISTEM TATA BAHASA INDONESIA. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
337Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/60297

Abstract

Tulisan ini membahas bagaimana nomina ditata dalam sistem tata bahasa Indonesia. Pembahasan dilakukan berdasarkan pandangan bahwa fungsi nomina dalam struktur kalimat dapat dibedakan ke dalam tiga fungsi, yaitu fungsi gramatikal, fungsi semantik (peran semantik), dan fungsi pragmatik. Temuan yang diperoleh antara lain bahwa dalam sistem tata bahasa Indonesia peran semantik nomina ditentukan oleh tiga hal, yaitu letaknya dalam struktur kalimat (fungsi gramatikalnya), imbuhan pada verba, dan preposisi. Selain itu, juga ditemukan bahwa karakteristik semantik nomina turut menentukan bagaimana nomina ditata dalam sistem tata bahasa Indonesia. Fungsi gramatikal subjek, misalnya, cenderung diisi oleh nomina tentu (definite nouns) sehingga jika dalam kalimat terdapat dua nomina, tentu dan tak tentu, nomina tentu akan ditempatkan dalam posisi subjek dan nomina taktentu pada posisi lain. Jika kedua nomina merupakan nomina tentu, penataannya akan ditentukan oleh fungsi pragmatiknya.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:60297
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jan 2018 22:37
Last Modified:30 Jan 2018 22:37

Repository Staff Only: item control page