FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK KESIAPSIAGAAN SECURITY TERKAIT KEBAKARAN DI TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO)

KARTIKAWATI, TABITA (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK KESIAPSIAGAAN SECURITY TERKAIT KEBAKARAN DI TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Kesiapsiagaan adalah tindakan-tindakan yang memungkinkan pemerintahan, organisasi-organisasi, masyarakat, komunitas maupun indivudu untuk mampu menanggapi suatu situasi bencana secara cepat dan tepat guna. Terminal peti kemas tergolong dalam tempat kerja dengan klasifikasi tingkat risiko bahaya kebakaran berat. Terminal Peti Kemas Semarang pernah mengalami insidenberupa kebocoran minyak kelapa yang dapat memicu kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan umur, masa kerja, tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap, ketersediaan proteksi kebakaran, keterjangkauan proteksi kebakaran, pelatihan pemadaman kebakaran, pengawasan petugas K3, dukungan rekan sekerja terhadap praktik kesiapsiagaan security terkait kebakaran di Terminal Peti Kemas Semarang PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 67 orang. Data diambil dengan pengisian kuesioneryang memiliki 62 pertanyaan. Berdasarkan analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square diperoleh hasil bahwa variabel yang berhubungan adalah pengetahuan (p=0,046), sikap (p=0,017), pelatihan pemadaman kebakaran (p=0,008), dan dukungan rekan sekerja (p=0,011). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah umur, masa kerja, tingkat pendidikan, ketersediaan proteksi kebakaran, keterjangkauan proteksi kebakaran, dan pengawasan petugas K3. Kesimpulannya adalah pengetahuan, sikap, pelatihan pemadaman kebakaran, dan dukungan rekan sekerja berhubungan dengan praktik kesiapsiagaan security terkait kebakaran di Terminal Peti Kemas Semarang PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Kata Kunci: kesiapsiagaan, security, kebakaran, terminal peti kemas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60262
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:30 Jan 2018 14:25
Last Modified:30 Jan 2018 14:25

Repository Staff Only: item control page