Hanin, Amira Tri (2009) Promotional Mix Pada PT. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus. Working Paper. Diploma III - Marketing, FISIP Undip.
| PDF 10Kb |
Official URL: http://fisip.undip.ac.id/adbis
Abstract
PT. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus merupakan perusahaan produsen makanan ringan atau makanan camilan di Kota Kudus, yang seklaigus menjadi makanan khas di Kota Kudus. Jenang, itulah nama makanan yang di produksi oleh PT. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus yang sudah berumur hamper satu abad, oleh karena itu diharapkan sudah mempunyai banyak problema dengan metode penyelesaiannya sehingga dapat eksis sampai sekarang khususnya di bidang penjualan. PT. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus selalu berupaya terus-menerus mengembangkan jaringan pemasarannya dengna aktif dalam melakukan kegiatan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pormosi yang dilakukan oleh PT. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus seperti: kegiatan promosi, sasaran yang dituju, serta tujuan promosi dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Promosi yang dilakukan oleh perusahaan mencakup semua kegiatan perusahaan untuk memperkenalkan produk dan bertujuan agar konsumen tertarik untuk membelinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus adalah personal selling, periklanan, publisitas, dan promosi penjualan. Media yang digunakan yaitu media cetak, media elektronik, media luar ruang, dan media lini bawah. Sasaran yang dituju oleh perusahaan meliputi pelanggan yang sudah ada, pelanggan potensial, serta pelanggan competitor. Adapun tujuan dilakukannya promosi yaitu untuk memberitahu, membujuk, mengingatkan, dan modifikasi tingkah laku. Faktor-faktor yang mempengaruhi promotional mix adalah jumlah dana, dan sifat pasar. Sedangkan faktor yang menentukan promotional mix yaitu faktor pelanggan, anggaran, dan bauran pemasaran. PT. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus melakukan promotional mix perusahaan mengalami hambatan, tetapi perusahaan mempunyai solusi pada setiap hambatannya. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah alangkah baiknya perusahaan meningkatakan penjualan yang selama ini sudah digelutinya dengan memperhatikan media promosi yang terkait. Serta senantiasa melakukan inovasi dan kreasi pada aktivitas promotional mixnya. Dengan meningkatnya volume penjualan secara berkesinambungan akan berpengaruh pada kesejahteraan karyawannya.
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
ID Code: | 6026 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 28 Jan 2010 23:09 |
Last Modified: | 28 Jan 2010 23:09 |
Repository Staff Only: item control page