PERTUMBUHAN STEK PUCUK PADA TIGA VARIETAS KRISAN (Chrysanthemum morifolium) DENGAN PEMBERIAN DOSIS INDOLE-3 BUTYRIC ACID (IBA) YANG BERBEDA

PANGESTIKA, Vidia and Karno, Karno and Kristanto, Budi Adi (2017) PERTUMBUHAN STEK PUCUK PADA TIGA VARIETAS KRISAN (Chrysanthemum morifolium) DENGAN PEMBERIAN DOSIS INDOLE-3 BUTYRIC ACID (IBA) YANG BERBEDA. Undergraduate thesis, FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF
109Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb
[img]
Preview
PDF
97Kb
[img]
Preview
PDF
309Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

153Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1412Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1730Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh varietas krisan dan pemberian dosis IBA terhadap pembentukan akar stek pucuk dan pertumbuhan tanaman krisan. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Juli 2017 di lahan pembibitan dan budidaya krisan Daun Hijau Nursery Bandungan, Laboratorium Fisiologi dan Pemuliaan Tanaman Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro. Penelitian berlangsung dari bulan Maret-Juni 2017. Penelitian terdiri dari dua tahap percobaan yaitu tahap penyemaian dan tahap penanaman. Rancangan percobaan pada proses penyemaian stek adalah rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial. Faktor pertama adalah perlakuan varietas krisan (V1 = Puspita Nusantara, V2 = Fiji, V3 = Dewi Ratih) dan faktor kedua adalah dosis IBA (D0 = 0 ppm, D1 = 200 ppm, D2 = 400 ppm, D3 = 600 ppm) yang diulang sebanyak 4 kali. Rancangan percobaan pada tahap penanaman menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) pola faktorial. Faktor pertama adalah perlakuan varietas krisan (V1 = Puspita Nusantara, V2 = Fiji, V3 = Dewi Ratih) dan faktor kedua adalah dosis IBA (D0 = 0 ppm, D1 = 200 ppm, D2 = 400 ppm, D3 = 600 ppm) yang diulang sebanyak 4 kali. Parameter yang diamati pada tahap penyemaian adalah jumlah akar stek, panjang akar stek dan berat akar stek. Parameter yang diamati pada proses penanaman diantaranya adalah tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar, berat kering akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian IBA 200 ppm memberikan hasil jumlah akar terbaik pada varietas Purpita Nusantara dan Fiji. Pemberian IBA 600 ppm meningkatkan berat akar stek, panjang akar stek dan berat segar akar tanaman krisan dibandingkan dengan perlakuan dosis lainnya. Perlakuan tunggal varietas krisan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan berat kering akar tanaman krisan. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan varietas krisan dengan pemberian IBA terhadap parameter berat segar tanaman dan berat kering tanaman. Varietas krisan berpengaruh dalam pembentukan akar pada masa penyemaian stek. Pemberian IBA mampu menstimulasi pembentukan akar pada masa penyemaian stek pucuk krisan namun tidak mempengaruhi pertumbuhan vegetatif tanaman. Pemberian IBA mampu meningkatkan kualitas stek krisan. Dosis yang disarankan bagi varietas Puspita Nusantara dan Fiji adalah 200 ppm dan Varietas Dewi Ratih adalah 600 ppm.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:60225
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:23 Aug 2018 09:59
Last Modified:23 Aug 2018 09:59

Repository Staff Only: item control page