PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI HIDROPONIK SISTEM TERAPUNG (THST) DENGAN PENYINARAN LAMPU LED (Light Emitting Diode) MERAH DAN BIRU DI MALAM HARI

SUHANDOKO, ARDIANSYAH A. and Sumarsono, Sumarsono and PURBAJANTI, Endang Dwi (2017) PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI HIDROPONIK SISTEM TERAPUNG (THST) DENGAN PENYINARAN LAMPU LED (Light Emitting Diode) MERAH DAN BIRU DI MALAM HARI. Undergraduate thesis, FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF
717Kb
[img]
Preview
PDF
14Kb
[img]
Preview
PDF
424Kb
[img]
Preview
PDF
343Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

371Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1262Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2705Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memahami pertumbuhan vegetatif tanaman selada (Lactuca sativa L.) menggunakan teknologi hidroponik sistem terapung (THST) dengan penyinaran lampu LED (Light Emitting Diode) merah dan biru di malam hari. Penelitian dilakukan di Screenhouse yang berada di atas dak bangunan Rumah Griya Kads, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang dari bulan Mei-Juni 2017. Penelitian dilakukan dengan percobaan faktorial 3x3 dalam rancangan tersarang (Nested Design) dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah lama penyinaran cahaya lampu LED merah dan biru pada malam hari (0, 1,5, 3 jam). Faktor kedua adalah konsentrasi larutan nutrisi AB mix (3, 5, 7 ml/liter) tersarang pada faktor pertama. Prosedur penelitian terdiri dari pra-penelitian, persiapan pekatan nutrisi, analisis nutrisi, penyemaian, pengacakan dan tata letak, penanaman, pengumpulan data, analisis laboratorium, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Parameter yang diamati adalah (1) pertumbuhan vegetatif tanaman meliputi, tinggi tajuk, panjang akar, tajuk + akar, jumlah daun, luas daun, rasio akar tajuk, dan kadar klorofil serta (2) produksi tanaman meliputi, berat segar tajuk, berat segar akar, berat segar total, dan berat kering tajuk, berat kering akar dan berat kering total. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi nutrisi AB mix tidak berpengaruh nyata terhadap semua paramater. Taraf 3 ml sudah cukup untuk produksi selada. Lama penyinaran lampu LED merah dan biru, menunjukkan pengaruh peningkatan tinggi tajuk 23 dan 30 HST, panjang akar, tajuk + akar, luas daun, berat segar tajuk dan klorofil total. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 3 jam sudah cukup memberikan hasil yang baik untuk meningkatkan hasil tanaman selada.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:60214
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Aug 2018 10:00
Last Modified:23 Aug 2018 10:00

Repository Staff Only: item control page