RESILIENSI MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BANJIR ROB DI KELURAHAN BANDARHARJO KOTA SEMARANG (Studi Kasus Aspek Lingkungan dan Kesehatan)

LARASATI, YUNIAR WIDYA (2017) RESILIENSI MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BANJIR ROB DI KELURAHAN BANDARHARJO KOTA SEMARANG (Studi Kasus Aspek Lingkungan dan Kesehatan). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
32Kb

Abstract

Rob atau banjir pasang air laut merupakan salah satu fenomena yang selalu terjadi di Kota Semarang. Banjir rob dapat memberikan dampak negative diantaranya kesehatan masyarakat, penurunan kualitas sanitasi lingkungan, bangunan, dan infrastruktur pemukiman. Mengingat rentan nya masyarakat terhadap dampak negative banjir rob, namun masyarakat tetap bertahan dan jumlah penduduk semakin meningkat. Ketahanan masyarakat atau resiliensi masyarakat dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu ekonomi, sosial, infrastruktur, dan kesehatan. Tujuan dari peneltiian ini adalah untuk mengetahui indeks resiliensi masyarakat Kelurahan Bandarharjo. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 92 warga RW 01 Kelurahan Bandarharjo. Hasil peneltiian menunjukkan 95,7% memiliki indeks resiliensi bidang sosial tinggi, 52,2% responden memiliki indeks resiliensi bidang infrastruktur tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar masyarakat memiliki ketahanan masyarakat yang tinggi Kata Kunci: indeks ketahanan masyarakat, banjir rob, sanitasi lingkungan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60127
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:29 Jan 2018 11:51
Last Modified:29 Jan 2018 11:51

Repository Staff Only: item control page