PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN BENIH TOMAT (Solanum lycopersicum) AKIBAT PERLAKUAN BERBAGAI DOSIS NaOCl DAN METODE PENGERINGAN

PURBA, Denada and PURBAJANTI, Endang Dwi and Karno, Karno (2017) PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN BENIH TOMAT (Solanum lycopersicum) AKIBAT PERLAKUAN BERBAGAI DOSIS NaOCl DAN METODE PENGERINGAN. Undergraduate thesis, FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERTANIAN UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
300Kb
[img]
Preview
PDF
93Kb
[img]
Preview
PDF
328Kb
[img]
Preview
PDF
275Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

208Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

875Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1436Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi NaOCl dan metode pengeringan selama proses ekstraksi yang dilihat dari perkecambahan dan pertumbuhan bibit tanaman tomat. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret-Juli 2017 di Screen House Bandungan, Jawa Tengah. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buah tomat varietas Martha 12 kg, larutan NaOCl 13%, NaOCl 9%, NaOCl 6%, air , media tanam (kompos dan tanah) dengan perbandingan 1:2. Peralatan yang digunakan adalah polybag, cawan, timbangan analitik, Leaf Area Meter, gelas ukur, oven, cangkul, penggaris, alat tulis, tissue, kain saring, pisau, bak pengecambah benih, wadah tempat perendam biji tomat, label, gunting, spray, alat siram, amplop, plastik benih. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor yang diteliti dan diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama adalah perendaman benih dengan konsentrasi NaOCl yaitu NaOCl 0% (kontrol), NaOCl 6%, NaOCl 9% dan NaOCl 13%. Faktor kedua adalah metode pengeringan yaitu tanpa pengeringan (kontrol), pengeringan alami dan pengeringan menggunakan oven. Parameter yang diamati adalah daya berkecambah, kecepatan tumbuh benih, potensi tumbuh maksimal, jumah daun, luas daun, tinggi tanaman, laju pertumbuhan tanaman dan laju pertumbuhan relatif tanaman. Data dianalisis menggunakan analisis ragam dan apabila terdapat pengaruh nyata terhadap perlakuan dilanjut dengan Uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NaOCl dapat memperbaiki sifat fisik benih tomat yakni mempermudah untuk membersihkan pulp yang melekat pada benih tomat, sehingga mempercepat perkecambahan benih. Pengeringan benih metode alami membantu pengeringan benih tomat dan mendukung perkecambahan dan pertumbuhan bibit tomat meskipun membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan metode oven.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:60124
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Aug 2018 15:27
Last Modified:21 Aug 2018 15:27

Repository Staff Only: item control page