TERMINAL 4 BANDARA SOEKARNO HATTA

Febianka, Inez and Iswanto, Dhanoe and Murtomo, Bambang Adji (2018) TERMINAL 4 BANDARA SOEKARNO HATTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
691Kb
[img]
Preview
PDF
382Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2513Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1047Kb
[img]
Preview
PDF
276Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1152Kb
[img]
Preview
PDF
461Kb
[img]
Preview
PDF
270Kb
[img]
Preview
PDF
520Kb

Abstract

Bandara Soekarno Hatta(CGK) memiliki angka pertumbuhan jumlah penumpang yang tinggi namun hal ini tidak diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan fasilitas. Akibatnya, CGK mengalami kondisi Overcapacity yang cukup parah.Untuk bangunan terminal, CGK sudah mengalami kondisi Overcapacity sejak tahun 2010.Kondisi Overcapacity mengakibatkan banyak permasalahan di CGK, antara lain turunnya Level of Service, Kemacetan lalulintas di CGK, Keterlambatan penerbangan, tidak tercapainya standar keamanan, dan menurunnya citra Indonesia di mata turis internasional. Adapun untuk menyelesaikan permasalahan Overcapacity ini pihak Angkasa Pura II selaku pengelola CGK melakukan beberapa pengembangan yang salah satunya adalah pembangunan Terminal 3 Ultimate.Akan tetapi pembangunan ini masih belum sebanding dengan laju pertumbuhan jumlah penumpang di CGK.Terbangunnya Terminal 3 ultimate belum menyelesaikan permasalahan Overcapacity di CGK.Selain itu, masa pembangunan terminal penumpang yang sangat lama juga menjadi acuan untuk menyegerakan pembangunan terminal penumpang baru di CGK. Karena apabila tidak disegerakan, selisih jumlah penumpang dan kapasitas di CGK akan semakin besar. Berdasarkan uraian diatas, maka diperlukan Perencanaan dan Perancangan Terminal Penumpang baru di CGK.Terminal ini nantinya diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan overcapacity di CGK. Kajian diawali dengan mempelajari Definisi Bandar Udara dan Terminal Penumpang berikut Klasifikasi dan Standarnya, kemudian kondisi Terminal-Terminal di CGK berikut jumlah penumpang masing-masing terminal per jenis penerbangan dan kondisi kelebihan kapasitasnya, sehingga dapat ditemukan kriteria terminal yang diperlukan untuk terminal baru ini. Kriteria tersebut diperlukan untuk memulai perancangan di tahap selanjutnya.Adapun Kriteria yang dibutuhkan tersebut antara lain jenis penerbangan (internasional atau domestik), Kapasitas terminal, serta kesinambungan terminal baru ini dengan terminal-terminal lain di CGK.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:60099
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2018 09:17
Last Modified:29 Jan 2018 09:17

Repository Staff Only: item control page