HUBUNGAN GOLONGAN DARAH, ASUPAN GIZI DAN FAKTOR LINGKUNGAN FISIK RUMAH TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI SEMARANG

SARI, ERNA (2017) HUBUNGAN GOLONGAN DARAH, ASUPAN GIZI DAN FAKTOR LINGKUNGAN FISIK RUMAH TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) atau Dengue Hemorrhagic Fever(DHF) merupakan suatu penyakit akibat infeksi virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang sebelumnya telah terinfeksi oleh virus dengue dari penderita DBD lainnya. Kasus kejadian DBD di Semarang mengalami fluktuasi selama tahun 2014-2016. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan golongan darah, asupan gizi dan faktor lingkungan fisik rumah dengan kejadian demam berdarah dengue di Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik yang dilakukan dengan pendekatan case control. Populasi dalam penelitian adalah penderita rawat inap DBD periode Maret – Juni 2017 di tiga rumah sakit di Semarang dan bukan penderita DBD (tetangga penderita) yang bertempat tinggal di Semarang. Sampel berjumlah 40 kasus dan 40 kontrol yang didapatkan dari perhitungan rumus case control lemeshow dengan perbandingan 1: 1. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji chi-square untuk variabel asupan gizi dan faktor lingkungan fisik rumah dan uji Kolmogorov-smirnov untuk variabel golongan darah serta perhitungan odds ratio dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara suhu udara dalam rumah (p=0,008), intensitas cahaya dalam rumah (p=0,001) dengan kejadian demam berdarah dengue di Semarang dan tidak terdapat hubungan antara keberadaan ventilasi berkassa (p=0,320), kelembaban udara (p=0,692), keberadaan TPA berjentik (p=0,823), asupan vitamin A (p=0,653), asupan vitamin B6 (p=1,000), asupan vitamin C (p=0,363), asupan besi (p=0,288), asupan seng (p=0,785) dan golongan darah (p=1,000) dengan kejadian demam berdarah dengue. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa golongan darah yang paling banyak terkena DBD adalah golongan darah O (35,1%) Kata Kunci: Demam Berdarah Dengue, Golongan Darah, Asupan Gizi, Faktor Lingkungan Fisik Rumah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60061
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jan 2018 14:33
Last Modified:26 Jan 2018 14:33

Repository Staff Only: item control page