HUBUNGAN ANTARA PENGENDALIAN TITIK KRITIS PENGOLAHAN TERHADAP KEBERADAAN BAKTERI E.coli PINDANG IKAN LAYANG DI DESA TASIKAGUNG KABUPATEN REMBANG

NOVIANTI, SUKMA DEWI (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGENDALIAN TITIK KRITIS PENGOLAHAN TERHADAP KEBERADAAN BAKTERI E.coli PINDANG IKAN LAYANG DI DESA TASIKAGUNG KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Ikan sebagai hasil perikanan merupakan salah satu sumber protein hewani. Proses pengolahan pemindangan yang merupakan salah satu cara pengawetan ikan dapat menimbulkan kontaminasi bakteri. Sehingga perlu dilakukan sistem jaminan mutu keamanan pangan HACCP yaitu pengendalian titik kritis pengolahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengendalian titik kritis pengolahan terhadap keberadaan bakteri E.coli pindang ikan layang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental semu dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pindang ikan layang di tempat pemindangan ikan CV. Rizki Ilahi. Sampel yang diambil sebanyak 30 pindang ikan layang yang dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol masing-masing 5 pengulangan. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Kruskal-Wallis dengan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan keberadaan bakteri E.coli dari masing-masing intervensi pengendalian titik kritis pengolahan yang dibuktikan dengan nilai p-value = 0,001. Pengendalian titik kritis yang paling baik untuk menghilangkan bakteri E.coli adalah tidak menyiram ikan dengan air dingin dan gabungan dari semua perlakuan. Pengendalian Titik Kritis yang paling baik secara ekonomis untuk menghilangkan bakteri E.coli pada pindang ikan layang adalah tidak menyiram ikan dengan air dingin. Kata Kunci: Bakteri E.coli, Pindang Ikan Layang dan Titik Kendali Kritis (TKK)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:59961
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jan 2018 11:30
Last Modified:25 Jan 2018 11:30

Repository Staff Only: item control page