HUBUNGAN GAYA HIDUP, STATUS GIZI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI (STUDI PADA ATLET SOFTBALL PERGURUAN TINGGI DI SEMARANG TAHUN 2017)

Vania, Elvia Raissa (2017) HUBUNGAN GAYA HIDUP, STATUS GIZI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI (STUDI PADA ATLET SOFTBALL PERGURUAN TINGGI DI SEMARANG TAHUN 2017). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Prestasi atlet softball perguruan tinggi di Semarang masih belum mencapai yang diharapkan, hal ini dapat disebabkan oleh rendahnya tingkat kesegaran jasmani yang dipengaruhi oleh gaya hidup, status gizi dan aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan gaya hidup, status gizi dan aktivitas fisik dengan tingkat kesegaran jasmani pada atlet softball perguruan tinggi di Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi adalah seluruh atlet softball berusia 17-25 tahun di UNDIP, UNNES dan UPGRIS sebanyak 55 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling,dan 43 responden memenuhi kriteria inklusi.Data diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan uji kolerasi Rank Spearman. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa 20,9%responden adalah perokok berat dan 16,3% mengkonsumsi alkohol. Sebanyak 48,8% tergolong berat badan lebih dan obesitas berdasarkan IMT, 70,4% tergolong overweight and obese berdasarkan persentase lemak tubuh atlet pria, 31,2%tergolong overweight and obese berdasarkan persentase lemak tubuh atlet wanita. Sebagian besar (55,8%) tergolong aktivitas fisik ringan dan 76,7% tergolong kesegaran jasmani buruk. Ada hubungan positif antara Indeks Massa Tubuh (p = 0,001), persentase lemak tubuh pria (p = 0,001), persentase lemak tubuh wanita (p = 0,001), aktivitas fisik (p = 0,001) dengan tingkat kesegaran jasmani pada atlet softball. Tidak ada hubunganantara perilaku merokok dan konsumsi alkohol dengan tingkat kesegaran jasmani pada penelitian ini.Direkomendasikanagar atlet menghindarikebiasaan merokok dan alkohol, memperhatikan asupan makan dan aktivitas fisik untuk menjaga berat badan sehingga memperoleh kesegaran jasmani yang optimal Kata Kunci: Gaya Hidup, Status Gizi, Aktivitas Fisik, Kesegaran Jasmani, Atlet Softball

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:59933
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jan 2018 10:08
Last Modified:25 Jan 2018 10:08

Repository Staff Only: item control page