HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI KALSIUM, MAGNESIUM, STATUS GIZI (IMT/U), DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KRAM PERUT SAAT MENSTRUASI PRIMER PADA REMAJA PUTRI (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KESATRIAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN 2017)

ROSVITA, NOVALIA CLARA (2017) HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI KALSIUM, MAGNESIUM, STATUS GIZI (IMT/U), DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KRAM PERUT SAAT MENSTRUASI PRIMER PADA REMAJA PUTRI (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KESATRIAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN 2017). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Kram perut saat menstruasi adalah nyeri atau kram pada bagian perut bawah yang dirasakan sebelum dan selama menstruasi. Faktor yang diduga menjadi penyebab kram perut saat menstruasi adalah stres, hormonal, konsumsi zat gizi, dan aktivitas fisik. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan tingkat konsumsi kalsium, magnesium, status gizi (IMT/U), dan aktivitas fisik dengan kram perut saat menstruasi primer pada remaja putri di SMA Kesatrian 2 Kota Semarang tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengumpulan data kalsium dan magnesium menggunakan form FFQ, data kram perut saat menstruasi menggunakan Numeric Rating Scale. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri SMA Kesatrian 2 Kota Semarang yang berjumlah 112 orang. Besar sampel pada penelitian ini yaitu 52 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Konsumsi Kalsium tergolong kurang (82,7%). Tingkat Konsumsi Magnesium tergolong kurang (51,9%). Status gizi (IMT/U) normal tergolong tidak berisiko (69,2%). Aktivitas fisik rendah dan berat tergolong berisiko (61,5%). Sebanyak 76,9% remaja putri mengalami kram perut saat menstruasi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan negatif Tingkat Konsumsi Kalsium dengan kram perut saat menstruasi primer (p=0,022). Tidak ada hubungan Tingkat Konsumsi Magnesium (p = 0,072), status gizi (p = 0,478), dan aktivitas fisik (p = 1,00) dengan kram perut saat menstruasi. Penelitian ini memberikan saran untuk meningkatkan asupan zat gizi sesuai sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh dan mengurangi aktivitas fisik yang berat agar dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi Kata Kunci: Kram Perut, Remaja Putri, Kalsium, Magnesium, Status Gizi, Aktivitas Fisik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:59931
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jan 2018 10:05
Last Modified:25 Jan 2018 10:05

Repository Staff Only: item control page