Hubungan Pengetahuan, Sikap, Tingkat Konsumsi Energi, Protein, dan Indeks Massa Tubuh/Umur dengan Kekurangan Energi Kronik pada Remaja Putri (Studi di Sekolah Menengah Kejuruan Islamic Centre Baiturrahman Semarang pada Puasa Ramadhan Tahun 2017)

Arista, Agustin Dwi (2017) Hubungan Pengetahuan, Sikap, Tingkat Konsumsi Energi, Protein, dan Indeks Massa Tubuh/Umur dengan Kekurangan Energi Kronik pada Remaja Putri (Studi di Sekolah Menengah Kejuruan Islamic Centre Baiturrahman Semarang pada Puasa Ramadhan Tahun 2017). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Kekurangan Energi Kronik (KEK) adalah keadaan di mana remaja putri atau wanita mengalami kekurangan gizi (energi dan protein) yang berlangsung lama atau menahun. Risiko KEK adalah keadaan di mana remaja putri/wanita mempunyai kecenderungan menderita KEK. Seseorang dikatakan menderita risiko KEK apabila LILA <23,5 cm. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan pengetahuan, sikap, tingkat konsumsi energi, protein, dan IMT/U dengan KEK pada remaja putri di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang pada puasa Ramadhan tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas XI yang berjumlah 87 orang. Besar sampel pada penelitian ini yaitu 46 remaja putri yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata pengetahuan responden tentang gizi 57,5% jawaban benar. Median dari sikap responden tentang gizi 58,5% sikap positif. Median dari Tingkat Konsumsi Energi responden 55,0% AKE. Median dari Tingkat Konsumsi Protein responden 62,17% AKP. Rerata IMT/U responden -0,3135. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubunganpengetahuan dengan KEK (p=0,631), sikap dengan KEK (p=0,251), Tingkat Konsumsi Energi dengan KEK (p=0,545), dan Tingkat Konsumsi Protein dengan KEK (0,052). Ada hubungan IMT/Udengan KEK (p=0,000). Penelitian ini memberikan saran kepada remaja putri untuk meningkatkan asupan zat gizi sesuai anjuran atau sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh agar tidak mengalami KEK di kemudian hari Kata Kunci: Kekurangan Energi Kronik, Remaja Putri, Tingkat Konsumsi Energi, Tingkat Konsumsi Protein, IMT/U

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:59863
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:24 Jan 2018 11:13
Last Modified:24 Jan 2018 11:13

Repository Staff Only: item control page