NOORHAYATI, HENY (2015) PERAN SUN SHADING TERHADAP TINGKAT PENCAHAYAAN ALAMI DAN PEMBENTUKAN BERKAS CAHAYA PADA RUANG KELAS DAN LABORATORIUM KOMPUTER STUDI KASUS GEDUNG LABORATORIUM FEB UNDIP. Masters thesis, Undip.
| PDF - Submitted Version 97Kb | |
| PDF - Submitted Version 141Kb | |
| PDF - Submitted Version 243Kb | |
| PDF - Submitted Version 580Kb | |
| PDF - Submitted Version 197Kb | |
| PDF - Submitted Version 1581Kb | |
| PDF - Submitted Version 1413Kb | |
| PDF - Submitted Version 86Kb | |
| PDF 150Kb |
Abstract
Salah satu ciri dari bangunan tropis yaitu dapat melindungi dinding bangunan dan ruang dalam bangunan dari cahaya matahari langsung yang berlebihan, karena cahaya matahari mengakibatkan radiasi sinar matahari langsung yang dapat merambatkan panas kedalam ruang, sehingga intensitas cahaya dalam ruangan terlalu tinggi dan menaikan suhu dalam ruangan. Radiasi sinar matahari langsung pada dinding bangunan dapat ditanggulangi dengan pembayangan dari sun shading pada dinding bagunan sehingga radiasi sinar matahari tidak berlebihan masuk kedalam bangunan. Cahaya matahari yang masuk kedalam ruangan membentuk suatu kumpulan cahaya atau disebut berkas cahaya. Penerapan perangkat pembayangan matahari atau sun shading juga dapat mempengaruhi penampilan fasad bangunan serta pembentukan berkas cahaya dalam ruangan kaitannya terhadap peletakan layout perabot pada ruang dalam, penting bahwa teknik ini termasuk dalam tahap desain awal bangunan. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan simulasi software Sketchup dan Dialux sehingga dapat di ketahui peran dari sun shading terhadap tingkat pencahayaan alami dan pembentukan berkas cahaya pada ruang kelas dan laboratorium komputer. Sebagai kesimpulan terbukti bahwa penggunaan sun shading dapat meminimalisir pembentukan berkas cahaya berpengaruh terhadap tingkat pencahayaan alami pada ruang kelas dan laboratorium komputer. Tingkat pencahayaan alami untuk ruang kelas pada bulan maret hampir mencapai standar 250 lux dan ruang lab.komputer hampir mencapai 500lux, untuk bulan juni ruang kelas mencapai diatas standar yaitu diatas 250 lux dan ruang lab.komputer diatas 500lux. Maka dari itu ruang kelas dan ruang lab.komputer tersebut tetap membutuhkan sun shading agar berkas cahaya yang masuk tidak terlalu banyak sebab menyebabkan panas. Perangkat sun shading juga tidak boleh berlebihan agar dapat mencapai standar pencahayaan alami untuk ruang kelas dan laboratorium komputer.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Architecture |
ID Code: | 59856 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 24 Jan 2018 10:43 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 10:43 |
Repository Staff Only: item control page