Model Outcome Present State-Test (OPT) untuk Meningkatkan Penalaran Klinis Perawat : Penerapan pada Perawatan Pasien dengan Gagal Jantung Kongestif

Baidhowy, Arief Shofyan and Kristina, Tri Nur and Ropyanto, Chandra Bagus (2017) Model Outcome Present State-Test (OPT) untuk Meningkatkan Penalaran Klinis Perawat : Penerapan pada Perawatan Pasien dengan Gagal Jantung Kongestif. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

6Mb

Abstract

Keperawatan membutuhkan penalaran klinis yang tinggi dalam perawatan pasien dengan gagal jantung kongestif. Meskipun demikian perawat masih memiliki hambatan dalam melakukan penalaran klinis. Model Outcome-Present State Test (OPT) merupakan strategi untuk meningkatkan penalaran klinis. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penerapan model Outcome Present State-Test (OPT) dapat meningkatkan penalaran klinis perawat pada perawatan pasien dengan gagal jantung kongestif. Desain penelitian ini adalah quasi-experiment. Sampel pada kelompok kontrol dan intervensi diambil secara total sampling dengan jumlah 61 responden, kelompok intervensi (n=38) dan kelompok kontrol (n=23). Pada Kelopok intervensi diberikan perlakuan berupa model OPT yang dilakukan selama 4 minggu. Responden diminta mengelola 1 kasus pada setiap minggu. Kelompok kontrol mengunakan model proses keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rerata skala OPT pada kelompok intervensi (55.37), dan kelompok kontrol (35.09) dengan p value = 0,001, dan terdapat perbedaan rerata skala OPT pada kelompok intervensi (33.92), dan kelompok kontrol (25.04) dengan p value = 0,001. Nilai rata-rata struktur dan skala penilaian model OPT pada kelompok intervensi meningkat pada minggu pertama dan keempat. Model OPT merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan penalaran klinis perawat pada perawatan pasien dengan gagal jantung.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:59827
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jan 2018 10:20
Last Modified:23 Jan 2018 10:20

Repository Staff Only: item control page