BENTUK DAN PROPORSI PADA PERWUJUDAN ARSITEKTUR VERNAKULAR BUGIS (Studi Kasus : Bola Soba Di Kota Watampone,Sulawesi Selatan)

SANI, A. ASRUL (2015) BENTUK DAN PROPORSI PADA PERWUJUDAN ARSITEKTUR VERNAKULAR BUGIS (Studi Kasus : Bola Soba Di Kota Watampone,Sulawesi Selatan). Masters thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
113Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
215Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
410Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
119Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
547Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
1553Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
558Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
90Kb
[img]
Preview
PDF
82Kb

Abstract

Penelitian Ini Mengangkat Arsitektur Vernakular Bugis dengan studi kasus Bola Soba Kota Watampone Sebagai wujud karya kalangan Bangsawan (Raja).Persoalan proses perancangan bangunan Bola Soba menjadi fokus telaah melalui ke-proporsi-an komponen-komponen pembentuknya.Dasar telaahnya, selain pemahaman tentang esensi ke-vernakular-an, perlu pemahaman pula sisi ke-tektonika-annya, tradisi (membangun) Arsitektur Bugis dan kaidah proporsi.Rasa estetika dalam arsitektur didasarkan pada elemen –elemen dan prinsip-prinsip perancangan yang bisa dijelaskan secara rasional salah satunya adalah prinsip proporsi. Pendekatan studinya bersandar pada : ke-ciri-an vernakular (Bugis), potret visual dan numerik (pengukuran dimensi) obyek. Potret visual dan numerik merupakan database rujukan untuk me-rekonstruksi-kan gugus obyek ke data grafis dan angka. Analisis perhitungan rasio ke-proporsi-annya dibantu perangkat lunak Microsoft Excel dan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Temuan penelitian ini berupa besaran rasio dasar yang digunakan sebagai acuan perbandingan bagian-bagian detail bangunan dalam bangunan Bola Soba di Kota Watampone.Proporsi 1:1,23 dengan elemen Sulapa Appa menjadi temuan akhir dan diyakini sebagai dasar ukuran perhitungan proporsi dalam bangunan Bola Soba.Implikasi temuannya bisa menjadi referensi awal (hipotesis), bahwa perwujudan karya arsitektur vernakular Bugis memiliki dasar ukuran dalam proses perancangannya.Referensi ini tentunya masih perlu didalami dengan penelitian lanjutan, termasuk karya vernakular lain yang dikreasi oleh kalangan Bangsawan/Raja Bugis.Secara historis,kerajaan Bugis pernah menjadi kerajaan yang tangguh di zamannya memiliki peradaban tersendiri berupa peninggalan Arsitektur Bangunan.Ada empat kerajaan besar yang menjadi wila

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Architecture
ID Code:59777
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2018 11:02
Last Modified:22 Jan 2018 11:02

Repository Staff Only: item control page