SISTEM INFORMASI PEMBUATAN DAN MONITORING SURAT KUASA KERJA DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA BERBASIS WEB UNTUK PENINGKATAN KINERJA OPERASIONAL (Studi Kasus di PT PLN APP Semarang)

Putra, Rievky Ardika and Wasito, Putut Sri (2014) SISTEM INFORMASI PEMBUATAN DAN MONITORING SURAT KUASA KERJA DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA BERBASIS WEB UNTUK PENINGKATAN KINERJA OPERASIONAL (Studi Kasus di PT PLN APP Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

477Kb

Abstract

PT PLN Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Semarang dalam menjalankan pekerjaan operasionalnya membutuhkan suatu dasar administrasi yaitu berupa Surat Kuasa Kerja (SKK) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). SKK dan RAB ini dibuat dengan tujuan agar penggunaan anggaran untuk realisasi program pekerjaan operasional di PT PLN APP Semarang dapat terpantau dengan baik dan dapat mencapai target anggaran sesuai dengan anggaran dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) pertriwulan setiap tahunnya. Selama ini sistem pembuatan dan monitoring SKK dan RAB masih memiliki kendala dalam proses pengelolaan data, seperti pengisian laporan yang tidak beraturan, laporan-laporan sering menumpuk, staf bidang masih kesulitan untuk mengetahui keberadaan laporan yang harus dikerjakan yang berakibat pada hilangnya efesiensi waktu dalam proses pengerjaan dan monitoring penyerapan anggaran operasional. Dalam hal ini dibutuhkan sistem informasi berbasis web yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan dan monitoring SKK dan RAB. Pada penelitian ini, dibuat sistem informasi berbasis web menggunakan metode inkremental, bahasa pemrograman PHP, dan penyimpanan data menggunakan MySQL. Sistem ini memiliki kemampuan untuk mengolah data SKK dan RAB, memantau penyerapan anggaran operasional yang digunakan sebagai evaluasi perbandingan antara penyerapan biaya operasional dengan anggaran yang disediakan dalam RKAP, dan juga untuk memantau proses persetujuan RAB dan Rencana Pengadaan Barang atau Jasa (RPB/J). Dengan adanya sistem ini dapat membantu mempercepat proses pembuatan maupun monitoring serta mengetahui total penggunaan anggaran dari realisasi pekerjaan pertriwulan dalam satu tahun sehingga akan mempermudah proses pengambilan keputusan dalam melaksanakan tindakan lebih lanjut ketika nilai anggaran tidak sesuai dengan anggaran dalam RKAP.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59716
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:19 Jan 2018 11:07
Last Modified:19 Jan 2018 11:07

Repository Staff Only: item control page