APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PENDIRIAN MENARA BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DENGAN METODE FUZZY MULTI CRITERIA DECISION MAKING (FMCDM)

Nazri, Muhammad and Wibawa, Helmie Arif (2014) APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PENDIRIAN MENARA BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DENGAN METODE FUZZY MULTI CRITERIA DECISION MAKING (FMCDM). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

416Kb

Abstract

Tingkat kebutuhan semakin tinggi mengakibatkan penyedia jasa telekomunikasi melakukan peningkatan pelayanan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperbanyak pendirian menara Base Transceiver Station (BTS) demi meningkatkan kualitas jaringan. Penyedia jasa telekomunikasi harus mampu menemukan lokasi potensial agar dapat menjangkau wilayah pelanggan. Untuk itu perlu dirancang sebuah aplikasi pendukung keputusan untuk menentukan lokasi pendirian menara BTS yang tepat menggunakan metode Fuzzy Multi-Criteria Decision Making (FMCDM). Dari hasil pengujian aplikasi ini didapati bahwasanya metode FMCDM mampu menentukan lokasi pendirian menara dari beberapa alternatif yang diajukan. Aplikasi ini juga memiliki kelebihan yaitu dapat menentukan vektor bobot yang dapat diubah sesuai dengan kondisi dilapangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59703
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Jan 2018 10:46
Last Modified:19 Jan 2018 10:46

Repository Staff Only: item control page