SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAN DENGAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW) (STUDI KASUS PU BINA MARGA KOTA SEMARANG)

Triwijayanti, Titis and Sasongko, Priyo Sidik (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAN DENGAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW) (STUDI KASUS PU BINA MARGA KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

423Kb

Abstract

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kota Semarang menangani prasarana-prasarana umum yang salah satunya terkait dengan perbaikan jalan. Banyaknya data jalan menyebabkan kurang akuratnya pengambilan keputusan dalam menentukan prioritas jalan yang akan diperbaiki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem pendukung keputusan untuk penentuan prioritas perbaikan jalan dengan metode Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW). Sistem dikembangkan dengan model sekuensial linier dan bahasa pemrograman PHP. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan 4 kriteria yaitu kriteria kondisi jalan, volume LHR, dana, dan kebijakan. Kriteria – kriteria ini merupakan kriteria fuzzy dan disajikan dalam bentuk bilangan fuzzy. Berdasarkan kriteria ini, keluaran sistem pendukung keputusan untuk penentuan prioritas perbaikan jalan dengan menggunakan metode FSAW berupa urutan nilai alternatif jalan yang digunakan sebagai acuan penentuan perbaikan jalan. Kinerja sistem pendukung keputusan ini memiliki tingkat keakuratan 80%. Selanjutnya sistem dapat digunakan oleh Dinas Bina Marga Kota Semarang sebagai dukungan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan prioritas perbaikan jalan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59673
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:19 Jan 2018 09:53
Last Modified:19 Jan 2018 09:53

Repository Staff Only: item control page