IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) UNTUK PENGAMANAN DAN PENYEMBUNYIAN FILE

Safitri , Lutfiarani and Suhartono, Suhartono (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) UNTUK PENGAMANAN DAN PENYEMBUNYIAN FILE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

394Kb

Abstract

File berformat .doc merupakan salah satu file yang sering dipertukarkan melalui internet. Proses pertukaran ini tidak dapat menjamin bahwa file yang dikirimkan akan bebas dari pengaksesan oleh orang-orang yang tidak berwenang. File yang diakses oleh orang yang tidak berwenang dapat disalahgunakan sehingga akan merugikan pihak lain, oleh karena itu dibutuhkan pengamanan terhadap file yang dianggap penting sehingga orang-orang yang tidak berkepentingan tidak dapat mengakses file tersebut, dengan cara menerapkan mekanisme kriptografi dan steganografi. Tugas akhir ini membahas tentang implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) dan Metode Least Significant Bit (LSB) untuk pengamanan dan penyembunyian file berformat .doc. Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) dipilih karena dari algoritma ini cukup aman, tidak mudah dipecahkan, dan juga terhitung cepat dalam pemrosesannya. Metode Least Significant Bit (LSB) dipilih karena sederhana dan perbedaan antara citra asli dan citra hasil penyisipan hampir tidak terlihat sehingga memperkecil kemungkinan pihak tidak berwenang dapat menemukan file yang disembunyikan tersebut. Citra hasil dari proses enkripsi dan penyisipan menunjukkan nilai Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) antara 39 dB sampai 59 dB yang berarti citra hasil penyisipan tidak jauh berbeda dengan citra sebelum disisipi. Nilai PSNR dipengaruhi oleh dimensi citra dan ukuran file. Semakin besar dimensi citra, citra dapat menampung file yang berukuran lebih besar. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, file yang disisipkan kedalam citra tidak dapat diekstraksi jika citra hasil penyisipan diproses manipulasi citra seperti grayscale, cropping¸atau kompresi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59668
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:19 Jan 2018 09:49
Last Modified:19 Jan 2018 09:49

Repository Staff Only: item control page