PENGEMBANGAN APLIKASI PENYELARASAN LANDMARK WAJAH PADA WAJAH DALAM VIDEO DENGAN SUPERVISED DESCENT METHOD TERBANTU 1 € (ONE EURO) FILTER

Hosam, Mochammad and Wibawa, Helmie Arif (2015) PENGEMBANGAN APLIKASI PENYELARASAN LANDMARK WAJAH PADA WAJAH DALAM VIDEO DENGAN SUPERVISED DESCENT METHOD TERBANTU 1 € (ONE EURO) FILTER. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

1015Kb

Abstract

Penyelarasan landmark wajah atau lebih dikenal dengan istilah face alignment merupakantahap pra proses pada berbagai masalah komputer visi berkaitan dengan wajah. Pada videodengan tingkat noise cukup tinggi dan pergerakan wajah sangat dinamis, pergerakan titik landmark hasil face alignment antar frame cenderung tidak stabil, halus dan natural. Penggunaan beberapa metode filter pada pergerakan titik landmark hasil face alignmentantar frame memberikan efek jitter atau gerakan tak beraturan yang sering terjadi padagerakan wajah lambat dan efek lag atau keterlambatan mengikuti gerakan sebenarnya yang sering terjadi pada gerakan wajah cepat. 1 € (One Euro) Filter merupakan filter berbasisevent yang mampu mengadaptasikan proses filter berdasarkan event. Pemanfaatan 1 € Filter untuk beradaptasi pada event pergerakan wajah cocok digunakan sebagai filter efek lag dan jitter tersebut. Hasil beberapa pengujian pada parameter pelatihan menunjukanbahwa jumlah cluster untuk inisialisasi bentuk awal wajah memberikan hasil lebih baikpada nilai dua kali atau tiga kali nilai parameter jumlah sampel dibanding jumlah clustersama dengan jumlah sampel. Pada parameter ukuran patch gambar dengan nilai 32menghasilkan estimasi landmark wajah lebih akurat dibanding dengan ukuran patchbernilai 16 dan 24. Penggunaan parameter jumlah channel HOG bernilai 9, 13, 17 dan 21tidak meberikan perbedaan akurasi face alignment secara signifikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59653
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Jan 2018 09:32
Last Modified:19 Jan 2018 09:32

Repository Staff Only: item control page